Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Cirebon, Jawa Barat, melayani pengaduan dan konsultasi terkait jasa keuangan sebanyak 895 kali sampai Agustus 2023 atau meningkat 73,79 persen secara year on year (yoy).
 
"Mayoritas pengaduan dan konsultasi disampaikan secara langsung (walk in) ke OJK Cirebon sebanyak 597 pengaduan atau 66,7 persen dari total pengaduan," kata Kepala OJK Cirebon M Fredly Nasution di Cirebon, Senin.

Baca juga: OJK Cirebon terus tingkatkan literasi keuangan masyarakat
 
Fredly menjelaskan adanya peningkatan pengaduan dan konsultasi itu menandakan tingkat literasi keuangan masyarakat Cirebon serta sekitarnya sudah jauh berkembang.
 
Menurut dia, dengan berkonsultasi kepada OJK Cirebon maka masyarakat dapat mengetahui seluk-beluk produk keuangan yang digunakan, sebelum melakukan kesepakatan dengan Industri Jasa Keuangan (IJK)
 
"Ini hasil dari dilakukannya edukasi keuangan secara terus-menerus oleh OJK Cirebon sehingga tingkat literasi keuangan masyarakat semakin
baik," ujarnya.
 
Lebih lanjut, Fredly menjelaskan untuk pengaduan dilakukan secara daring lewat Aplikasi Portal Perlindungan Konsumen (APPK) yang ditindaklanjuti jumlahnya naik sebesar 186,54 persen yoy menjadi 149 pengaduan.
 
Adapun tingkat penyelesaian pengaduan yang berujung sengketa sekitar 89,7 persen. Berdasarkan IJK, ia menyebutkan ada lima kategori pengaduan.

Pengaduan terbesar, ujar Fredly merupakan pengaduan kepada Kantor Cabang Bank Umum sebesar 29,05 persen dan pengaduan kepada Perusahaan Pembiayaan sebesar 25,14 persen.
 
"Kategorilainnya yaitu pengaduan atau konsultasi kepada entitas yang tidak diawasi OJK sebanyak 14,53 persen, pengaduan Fintech Lending sebanyak 11,73 persen dan lainnya sekitar 7,82 persen," katanya.

Baca juga: OJK sebut kredit bermasalah LKM di Cirebon tinggi
 
Untuk menumbuhkan literasi keuangan dan memperkuat fungsi perlindungan konsumen, OJK Cirebon l melaksanakan edukasi kepada 7.040 peserta yang terdiri atas pelajar hingga ibu rumah tangga.
 
"Selain penanganan pengaduan konsumen, OJK Cirebon juga memberikan pelayanan Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) kepada masyarakat. Pemenuhan permintaan SLIK debitur per Agustus 2023 meningkat sebesar 20,26 persen yoy menjadi 5.852 permintaan," ucap dia.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: OJK Cirebon layani 895 pengaduan dan konsultasi terkait jasa keuangan

Pewarta: Fathnur Rohman

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023