Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, memberikan pelatihan keamanan dan keselamatan destinasi wisata terhadap 40 peserta dari pelaku pariwisata di Cianjur.

Kepala Disbudpar Cianjur, Ahmad Danial di Cianjur, Selasa, mengatakan pelatihan tersebut digelar sebagai upaya meningkatkan kemampuan pelaku pariwisata di bidang keamanan dan keselamatan wisatawan yang datang berkunjung ke Cianjur.

Baca juga: RSUD Cianjur fungsikan kembali ruang rawat inap terdampak gempa

"Sehingga wisatawan yang datang dapat merekomendasikan pelayanan yang diberikan setiap pengelola tempat wisata yang ada di Cianjur, menjamin keamanan dan keselamatan mereka selama berlibur di Cianjur," katanya.

Pelaku pariwisata juga akan mendapatkan berbagai pelatihan lainnya termasuk promosi dalam upaya mengembangkan obyek wisata yang ada sehingga dapat meningkatkan angka kunjungan terutama saat libur akhir pekan dan libur panjang hari besar.

Program tersebut akan diberikan pada pelaku pariwisata lainnya yang ada di Cianjur, sehingga wisatawan yang datang dapat merasa aman dan nyaman selama berlibur di obyek wisata, sehingga dapat merekomendasikan dan mempromosikan pada semua kalangan.
"Tidak hanya keselamatan dan keamanan, kami juga akan menjalankan program peningkatan ekonomi bagi warga sekitar obyek wisata berkoordinasi dengan dinas terkait agar dapat menghasilkan produk unggulan sebagai pelaku UMKM," katanya.

Pelaku pariwisata di Cianjur, mendukung penuh kegiatan yang digelar Disbudpar Cianjur, guna meningkatkan kemampuan mereka dalam mengelola dan mengembangkan tempat wisata agar lebih banyak dikunjungi wisatawan termasuk memberikan rasa aman dan nyaman.

"Berbagai pelatihan dapat diberikan untuk kami dalam mengelola dan mengembangkan obyek wisata termasuk memberikan rasa aman, nyaman dan kerasan bagi wisatawan yang datang, sehingga angka kunjungan terus meningkat," kata pengelola obyek wisata alam di kawasan Puncak, Obay.

Baca juga: DPRD Cianjur minta pemkab bentuk satgas pengawasan koperasi ilegal

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023