Kepolisian Resor Kota (Polresta) Cirebon, Jawa Barat, menyebar sebanyak 1.661 personel gabungan untuk mengantisipasi kepadatan di jalur mudik pada momentum Lebaran 2023, serta menjaga keamanan wilayah.

"Totalnya ada 1.661 personel gabungan yang dilibatkan dalam Operasi Ketupat Lodaya 2023," kata Kapolresta Cirebon Kombes Pol Arif Budiman di Cirebon, Senin.

Baca juga: Polresta Cirebon pastikan anggota bersiaga di jalur mudik antisipasi kepadatan

Arif mengatakan personel gabungan tersebut akan disebar di sejumlah titik, terutama di wilayah hukum Polresta Cirebon, untuk mengantisipasi dan membantu ketika terjadi kepadatan atus lalu lintas.

Mereka lanjut Arif, bertugas mulai tanggal 18 April sampai dengan 1 Mei 2023, dengan sasaran utamanya adalah memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang melaksanakan mudik Lebaran tahun 2023.

Menurutnya 1.661 personel itu terdiri dari anggota Polri, Kodim 0620/Kabupaten Cirebon, Dishub, Satpol PP, Dinkes, dan lainnya.

Ia mengatakan, para personel gabungan tersebut akan disiagakan di 16 posko pelayanan maupun posko pengamanan yang tersebar di wilayah hukum Polresta Cirebon.

"Adapun lokasinya sebanyak tiga posko di jalur tol, 12 posko di jalur arteri, dan satu posko utama di Mapolresta Cirebon," tuturnya.

Arif menambahkan posko di jalur arteri juga tersebar dari mulai perbatasan Indramayu, Kuningan, Majalengka, hingga Brebes, Jawa Tengah. Pihaknya memastikan seluruh personel yang terlibat siap melayani masyarakat yang melaksanakan mudik ke kampung halamannya dan melintasi Kabupaten Cirebon.

"Para personel tersebut juga siap melayani warga Kabupaten Cirebon yang mudik pada saat momen Hari Raya Idul Fitri 1444 H karena diperkirakan ribuan warga Kabupaten Cirebon yang berada di luar akan pulang ke kampung halamannya," katanya.

Baca juga: Polresta Cirebon bagikan sembako untuk tukang ojek dan becak

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023