Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) III kembali menggelar vaksinasi di Cianjur, Jawa Barat, untuk 1.000 penerima sebagai upaya membantu pemerintah meningkatkan capaian vaksinasi di daerah itu karena masih di bawah 50 persen dari total target.

"Ini merupakan kewajiban bersama dalam hal ini TNI/Polri dan pemerintah daerah, untuk meningkatkan target vaksinasi nasional, sehingga 'herd immunity' (kekebalan komunal) masyarakat di masing-masing wilayah terus meningkat," kata Komandan Lantamal III Brigadir Jenderal TNI (Mar) Umar Farouq di Cianjur, Selasa.

Untuk kedua kalinya, Lantamal III menggelar vaksinasi di tiga wilayah tersebut, seperti
Bogor, Cianjur, dan Tangerang. Kegiatan itu melibatkan seluruh anggota TNI/Polri berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat.

Dalam vaksinasi massal kedua kalinya itu, pihaknya menargetkan 1.000 penerima vaksin dosis pertama dan kedua, sedangkan hingga menjelang siang tercatat 400 penerima dosis pertama dan 200 penerima dosis kedua.

Pihaknya optimistis hingga sore, target 1.000 penerima dapat tercapai karena antusias warga terus meningkat untuk mendapatkan vaksin.

Bahkan, pihaknya melibatkan berbagai kalangan, termasuk pihak desa terdekat, untuk mengajak warganya mendapatkan vaksin.

"Kita akan melayani hingga sore atau besok kalau target belum tercapai, bahkan tenaga kesehatan akan mendatangi penerima dari rumah ke rumah. Kita akan terus bekerja sama TNI/Polri dan pemerintah untuk mencapai target vaksinasi nasional," katanya.

Pihaknya juga mengimbau warga yang sudah mendapatkan vaksinasi untuk tetap menerapkan prokes ketat dan menjaga kesehatan karena corona masih ada.

"Jangan sampai lengah karena sudah divaksin, tetap jaga prokes dan saling mengingatkan," katanya.

Baca juga: Capaian vaksinasi Cianjur naik jadi 34 persen selama sepekan

Baca juga: Sekitar 150 warga ikuti vaksinasi di markas PMI Cianjur

Baca juga: PMI Cianjur gelar vaksinasi COVID-19 untuk umum selama dua hari

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021