Markas PMI Cianjur, Jawa Barat, memberikan pelayanan vaksinasi bagi warga di wilayah Cianjur, selama dua hari ke depan dengan target 300 penerima, dimana warga dapat langsung datang ke lokasi cukup dengan membawa KTP.

Sekjen PMI Cianjur, Heri Hidayat di Cianjur, Sabtu, mengatakan kegiatan vaksinasi untuk umum tersebut, menggunakan vaksin jenis Sinovac sebanyak 300 dosis dan akan melayani warga yang datang ke Markas PMI Cianjur di Jalan Pangeran Hidayatullah, Kelurahan Sawah Gede, hingga Minggu (24/10).

"Ini merupakan upaya lain, untuk membantu pemerintah mendongkrak target vaksinasi yang masih minim. Mereka yang belum mendapatkan vaksinasi di wilayah perkotaan, dapat datang langsung ke markas PMI," katanya.

Ia menjelaskan, sebelumnya PMI bersama unit vaksinasi bergerak yang terdiri dari Baznas, LPBI NU dan BPBD Cianjur, selama 10 melakukan gebyar vaksinasi di 10 kecamatan yang ada di utara hingga selatan Cianjur, dengan target yang hampir tercapai sebanyak 18 ribu penerima vaksin.

"Kegiatan vaksinasi untuk warga di markas PMI ini, juga berdasarkan hasil rapat kordinasi dengan pengurus PMI Jawa Barat, agar masing-masing markas PMI kota/kabupaten dapat menggelar vaksinasi, terutama yang targetnya masih minim, " katanya.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Cianjur, Cahyo Supriyo, mengatakan untuk mencapai target turun level, pihaknya melibatkan berbagai kalangan, termasuk seluruh tenaga kesehatan di puskesmas yang ada di Cianjur dan organisasi masyarakat, sebagai upaya mendongkrak angka vaksinasi dapat mencapai 70 persen dari 1,9 juta penerima.

"Hingga saat ini, angka vaksinasi baru mencapai 40 persen dari target total. Kami akan terus menggencarkan vaksinasi dengan cara mendekatkan pusat vaksinasi hingga ke tingkat desa, sehingga target 1,9 juta penerima dapat tercapai hingga awal tahun, " katanya.

Pihaknya mendukung organisasi masyarakat atau organisasi perorangan yang akan menggelar vaksinasi masal, sebagai upaya membantu pemerintah mencapai target agar dapat turun level, sehingga berbagai pembatasan dapat dihilangkan.

"Kami akan mendorong agar stok vaksi memadai dan tidak terjadi kekurangan, sehingga upaya meningkatkan angka vaksinasi dapat tercapai," katanya.

Baca juga: PMI bersama Unit Vaksinasi Bergerak tuntaskan vaksinasi di 10 kecamatan di Cianjur

Baca juga: Cianjur optimistis gebyar vaksinasi COVID-19 lebihi target

Baca juga: Kodim Cianjur kerahkan Babinsa lakukan pendataan dan ajak warga divaksin

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021