Pemkab Cianjur, Jawa Barat optimistis gebyar vaksinasi COVID-19 mampu melampaui target 50 persen dari 1,9 juta penerima sesuai Inmendagri, sehingga dapat bertahan di level 2 atau turun ke level 1.

Bupati Cianjur Herman Suherman di Cianjur, Minggu, mengatakan upaya cepat vaksinasi dengan melibatkan berbagai kalangan termasuk tenaga medis di Puskesmas dengan target 5.000 dosis per kecamatan, sehingga target vaksinasi dapat tercapai di angka lebih dari 50 persen dari target 1,9 juta penerima.

"Kita segera melakukan evaluasi pencapaian vaksinasi yang diperkirakan sudah lebih dari 50 persen, dimana vaksinasi digencarkan diseluruh kecamatan dengan target 51 ribu penerima, sehingga indikator untuk turun level sesuai Inmendagri dapat tercapai, " katanya.

Ia menjelaskan untuk mencapai target tersebut, berbagai kalangan mulai dari Forkopimda hingga organisasi masyarakat dilibatkan, dari utara hingga selatan sebagai upaya menggencarkan vaksinasi dengan mendekatkan pusat layanan vaksinasi hingga ke pelosok, sehingga antusias warga cukup tinggi untuk mendapat vaksin dosis pertama dan kedua.

"Kita gelar diberbagai wilayah mulai dari utara hingga selatan, termasuk di sejumlah destinasi wisata yang tetap diperbolehkan untuk buka, sehingga warga ber-KTP Cianjur tetap dapat berwisata sambil divaksin, " katanya.

Hingga hari kesepuluh gebyar vaksinasi di seluruh kecamatan di Cianjur, kata Plt Kadinkes Cianjur Cahyo mencatat peningkatan persentase lebih dari masing-masing kecamatan, sehingga pihaknya memperkirakan vaksinasi di Cianjur dapat melampaui target 50 persen. Bahkan, vaksinasi yang disediakan terus ditambah, karena tingginya minat warga untuk mendapatkan vaksin.

"Nanti kenaikan dapat terlihat setelah evaluasi gebyar vaksinasi yang digelar selama 10 hari terakhir. Laporan dari masing-masing kecamatan rata-rata melampaui target 5.000 penerima, namun ada beberapa yang tidak sampai target. Untuk mengejar target 50 persen, kami optimistis sudah terlampaui," katanya.

Baca juga: Kodim Cianjur kerahkan Babinsa lakukan pendataan dan ajak warga divaksin

Baca juga: Polres Cianjur libatkan seluruh jajarannya tingkatkan vaksinasi
 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021