Pemkab Cianjur, Jawa Barat, menyediakan jalur khusus untuk bersepeda di Hutan Kota Cianjur, sebagai upaya memenuhi keinginan warga dan komunitas sepeda yang jumlahnya terus meningkat di wilayah tersebut.

Bupati Cianjur Herman Suherman di Cianjur, Kamis, mengatakan untuk sementara, pesepeda di Cianjur akan disiapkan track khusus di kawasan Hutan Kota Cianjur karena kawasannya tidak ramai kendaraan dan masih asri. Sehingga dinilai aman dan cocok untuk pesepeda melakukan olahraga.

"Kita akan tambah fasilitas dan track khususnya di sana, termasuk membangun sarana dan prasarana penunjang lainnya karena untuk jalur khusus sepeda di jalur protokol masih belum memungkinkan, ditambah lebar jalan di Cianjur tergolong sempit," katanya.

Pihaknya tidak menutup kemungkinan akan ada jalur khusus sepeda di jalan protokol, jika nanti ada pembangunan jalur baru. Untuk saat ini, tambah dia fasilitas untuk pesepeda di sediakan di hutan kota."Saat ini, di wilayah hutan kota, khusus untuk trek dan jalur khusus sepeda," katanya.

Ketua Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Cianjur Aris Mulkan, mengatakan Cianjur saat ini belum memiliki sarana dan prasarana hingga ruang khusus untuk pesepeda, sedangkan bersepeda saat ini, menjadi tren baru yang sangat diminati warga untuk berolahraga.

Tingginya minat warga terutama yang tergabung dalam komunitas sepeda, membuat pihaknya mencoba berkordinasi dengan Pemkab Cianjur, untuk menyediakan fasilitas khusus sepeda di wilayah tersebut, meski bukan di jalur protokol, minimal ada fasilitas khusus.

"Kita sudah mendapat gambaran dari Bupati Cianjur, dengan membangun jalur khusus dan trek sepeda di kawasan Hutan Kota Cianjur. Jalur khusus sepeda di tengah kota tidak memungkinkan karena lebar jalan yang tidak memadai," katanya.

Pihaknya berharap rencana tersebut, segera terwujud seiring dengan hari sepeda sedunia."Kami berharap seiring dengan hari sepeda sedunia, Cianjur segera memiliki jalur dan trek khusus bersepeda," katanya.

Baca juga: Seorang pesepeda meninggal saat jajal uji coba jalur sepeda di jalan layang

Baca juga: Pemkot Bogor siapkan jalur sepeda di Jalan Sudirman

Baca juga: Jalur sepeda di Kota Bandung akan diintegrasikan dengan skuter listrik

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021