Dinas Kesehatan (Dinkes) Cianjur, Jawa Barat, mengimbau warga yang bekerja di luar kota untuk melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum pulang ke kampung halamannya di Cianjur, sebagai upaya memutus rantai penyebaran virus berbahaya termasuk Corona.

Juru Bicara Pusat Informasi dan Kordinasi COVID-19 Cianjur dr Yusman Faisal mengatakan selama pandemi COVID-19 seribuan orang lebih warga reaktif COVID-19 menjalani isolasi mandiri dan seratusan orang diantaranya menjalani isolasi di rumah sakit dan vila khusus yang disediakan Pemkab Cianjur.

"Selama pandemi tercatat 1.279 warga Cianjur reaktif COVID-19, hingga saat ini hanya tersisa 139 orang yang masih dalam pengawasan dan menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing di bawah pengawasan tim medis dari puskesmas setempat," katanya.

Ia menjelaskan dari seribuan orang reaktif tersebut sebagian besar memiliki riwayat perjalan dari zona merah, seperti Jabodetabek dan Bandung, karena mereka pulang pergi untuk bekerja atau pulang seminggu sekali ke Cianjur.

Selama menjalani isolasi di rumah, mereka yang didata gugus tugas desa dengan melibatkan RT dan RW setempat, menjalani tes usap dan cepat untuk memastikan kondisi kesehatan sebelum dan sesudah melakukan isolasi rumah. Sebagian besar sembuh dan dapat melakukan aktivitas seperti biasa.

"Namun, mereka yang dinyatakan sembuh atau tidak lagi membawa virus berbahaya itu, untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dan menjaga kesehatan dengan cara menggunakan masker saat berada di luar rumah dan menjaga jarak saat berada di tengah keramaian," katanya.

Terkait kembali dilakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah wilayah yang berdekatan dengan Cianjur seperti Jabodetabek, pihaknya mengimbau dan mengaktifkan kembali gugus tugas desa hingga RT dan RW untuk melakukan pendataan terhadap warganya.

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya memutus rantai penyebaran dan kembali berjangkitnya virus corona di Cianjur yang saat ini masuk dalam zona kuning penyebaran.

"Mereka yang baru datang dari zona merah akan diminta melakukan tes kesehatan sebelum pulang ke rumah," katanya.

Baca juga: Polres Cianjur jaring 500 warga tak bermasker

Baca juga: Pengendara dan warga pendatang diwajibkan membawa surat sehat

Baca juga: Tingkat kunjungan ke Cianjur turun hingga 90 persen

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020