Cianjur (Antaranews Jabar) - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menyebutkan bahwa proses pengurusan rekomendasi untuk tenaga kerja Indonesia (TKI) tidak membutuhkan waktu lama.

"Jika persyaratan sudah lengkap, tidak lama, kalau tidak harus dikembalikan dan dilengkapi. Terkadang pemohon yang memperlambat persyaratan sehingga memakan waktu lama," kata Sekretaris Disnakertrans Cianjur Heri Suparjo di Cianjur, Selasa.

Ia menjelaskan, pengurusan rekomendasi dari daerah bisa selesai dalam satu hari, selama seluruh persyaratan sudah lengkap dan bisa terverifikasi.

Setelah persyaratan lengkap, ada verifikasi data berupa data pribadi, ijazah, status perkawinan dan lainnya, termasuk verifikasi perbandingan kompetensi keahlian dengan job order.

Ditambah lagi calon TKI harus menunjukkan keterangan telah melakukan pelatihan dari Balai Latihan Kerja sesuai dengan job yang diinginkan.

"Kompetensi keahlian dan pelatihan sesuai negara tujuan harus ada karena calon TKI harus paham mengenai pekerjaan, budaya dan bahaya bekerja negara tujuan," katanya.

Ia menambahkan proses dan persyaratan tersebut ditujukan untuk TKI di sektor informal, sementara untuk sektor pekerjaan formal akan lebih cepat.

 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018