Antarajabar.com - Dinas Ketenaga Kerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Cianjur, akan menyelenggarakan job fair untuk menginformasikan lapangan pekerjaan pada warga.

Job fair tersebut, akan berlangsung tanggal 18 sampai 19 April bertempat di Lapangan Prawatasari, Cianjur. Dinas berharap diselenggarakannya kegiatan tersebut dapat mengurangi minat warga untuk menjadi TKI.

Kepala Disnakertrans Cianjur, Ambar, melalui Sekretaris Disnakertrans, Heri Suparjo, di Cianjur, Rabu, menjelaskan, pihaknya mengandeng 13 perusaan yang akan membuka rekrutmen pegawai. Dimana sebagian besar perusahaan besar tersebut bergerak di bidang garmen, farmasi serta perbankan.

"13 perusahaan dari Cianjur kami datangkan untuk menyerap tenaga kerja. Job fair terbuka untuk umum tanpa dipungut biaya alias gratis, dimana pendaftaran peserta akan dibuka di lokasi saat hari pelaksanaan," katanya.

Bagi calon pelamar yang akan datang ke lokasi, diharapkan langsung membawa persyaratan seperti kartu kuning, ijazah, surat keterangan dari kepolisian dan usia minimal 18 tahun."Syaratnya umur minimal harus 18 tahun, sudah terdaftar sebagai pencari kerja, punya kartu kuning," katanya.

Dia berharap kegiatan tersebut dapat dilakukan secara berkala, guna menghindari praktek percaloan dan menghindari terjadinya pungli terhadap pencari kerja yang selama ini banyak dikeluhkan.

"Nanti langsung daftar di sana, masing-masing perusahaan akan disediakan meja pendaftaran, tidak ada pungutan apapun, pencari kerja langsung melamar tanpa harus melalui calo. Kegiatan ini terbuka untuk siapa saja yang mencari kerja," katanya.

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017