Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon, Jawa Barat, memastikan bahwa stok bahan pangan khususnya beras sebanyak 35 ribu ton di daerahnya bisa mencukupi kebutuhan masyarakat hingga akhir tahun 2024.
 
“Ketersediaan pangan khususnya Kabupaten Cirebon sudah aman. Dari sisi beras, yang tersedia di gudang milik Bulog saja tersedia 35 ribu ton,” kata Penjabat (Pj) Bupati Cirebon Wahyu Mijaya, di Cirebon, Kamis.
 
Ia menjelaskan beras yang tersimpan itu memiliki kualitas baik, serta bisa disalurkan ke pasar tradisional hingga ritel modern untuk dibeli oleh warga di Kabupaten Cirebon.
 
Menurut dia, stok beras tersebut rata-rata tersimpan di lima gudang yang dikelola oleh Perum Bulog Cabang Cirebon, serta proses distribusi komoditas ini disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat di daerahnya.
 
“Saya sudah cek kondisi beras di Gudang Bulog Cirebon di Kecamatan Kedawung. Hasilnya, kualitas berasnya masih layak dan terjamin. Di gudang itu masih ada 14 ribu ton beras,” ujarnya.
 
Dari stok tersebut, kata dia, sebanyak 2.800 ton telah dialokasikan untuk penyaluran bantuan pangan yang didistribusikan secara merata kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).
 
Ia menyampaikan penyaluran ini dilakukan untuk menjaga suplai beras, khususnya bagi masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah yang ada di Kabupaten Cirebon.
 
Selain itu, dia mengatakan program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) juga berjalan baik, dengan proyeksi distribusi beras mencapai 1.000 ton per bulan untuk Kabupaten Cirebon.
 
“Artinya, dengan asumsi tadi kita masih aman untuk sekian bulan atau sampai akhir tahun ini,” katanya pula.

Tidak hanya beras, Wahyu menyebutkan stok komoditas pangan lainnya juga masih dalam kondisi aman. Misalnya cadangan gula di Kabupaten Cirebon saat ini tersedia 62 ton.
 
Sedangkan untuk minyak goreng, cadangan yang dimiliki Kabupaten Cirebon sekitar 17 ton dan jumlah ini dinilai cukup untuk memenuhi kebutuhan warga dalam waktu dekat.
 
Jika terjadi gejolak harga maupun suplai bahan pangan berkurang, pihaknya akan mengambil langkah intervensi agar kondisi tersebut kembali stabil.
 
“Ketersediaan beras dan komoditas penting lainnya masih terjaga dengan baik. Pemerintah terus memantau perkembangan untuk memastikan stabilitas pangan,” ujar dia lagi.


 

Pewarta: Fathnur Rohman

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024