Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya, Jawa Barat berhasil meraih Anugerah Pengadaan 2023 kategori Persentase Nilai Transaksi Produk Dalam Negeri (PDN) Terbesar Peringkat 3 dari pemerintah pusat.

Pemberian anugerah itu diterima langsung Penjabat Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah saat menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Pengadaan Barang/Jasa 
Pemerintah Tahun 2023 dengan tema "Transformasi Pengadaan Untuk Indonesia Maju" di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa.

Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Hendrar Prihadi menyampaikan, hingga Oktober 2023 tercatat 6,9 juta produk tayang di e-katalog dengan total transaksi sebesar Rp161,3 
triliun, angka tersebut jauh melebihi total transaksi di tahun 2022 yang mencapai Rp83,9 triliun.

Baca juga: Pemkot Tasikmalaya luncurkan tempat pariwisata baru Katasik

Secara keseluruhan, kata dia, per 27 Oktober 2023, realisasi belanja PDN telah mencapai 90 persen atau meningkat 14 persen dari tahun 2022. Selanjutnya, pertumbuhan positif juga terlihat dari angka pengadaan barang dan jasa untuk UMKM yang mencapai 37,6 persen.

Dalam rapat koordinasi tersebut diagendakan pemberian anugerah bagi daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota untuk berbagai kategori.

Pemerintah Kota Tasikmalaya pada kesempatan tersebut menerima Anugerah Pengadaan 2023 
Kategori Pemerintah Kota dengan Persentase Nilai Transaksi PDN Terbesar Peringkat 3 dengan persentase sebesar 96,28 persen.
 

Pada peringkat pertama diraih Pemerintah Kota Tebing Tinggi,  disusul Pemerintah Kota Palembang di peringkat kedua.

Penjabat Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah menyampaikan, apresiasi dan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemkot Tasikmalaya yang telah berkontribusi dalam meningkatkan nilai transaksi PDN.

Baca juga: Pj Wali Kota Tasikmalaya siap laksanakan instruksi para menteri dan Presiden RI

Ia mengatakan anugerah yang diraih Pemkot Tasikmalaya menjadi motivasi ke depan untuk lebih meningkatkan pemanfaatan PDN pada setiap kesempatan, dan tentu dapat mendorong peningkatan UMKM, khususnya yang berada di wilayah Kota Tasikmalaya.

"Hal ini sesuai dengan target pemerintah yang menetapkan 40 persen belanja produk atau jasa dari pelaku UMKM, sehingga diharapkan akan mampu mendorong perekonomian," katanya.

Baca juga: Wali Kota Tasikmalaya: Seluruh santri harus siap mendunia



 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Feri Purnama


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023