Penjabat Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah menyatakan, seluruh santri di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat umumnya seluruh daerah harus siap mendunia, memberikan yang terbaik bagi diri sendiri, bangsa, negara, dan seluruh umat di dunia untuk berkarir di berbagai bidang dengan tetap mengedepankan ilmu agama.

"Semoga semangat itu (mendunia) juga dimiliki oleh semua santri untuk terus mengabdi kepada negeri, belajar dengan semakin baik, dan suatu saat nanti santri-Santri juga siap untuk mendunia," kata Cheka saat memperingati Hari Santri Nasional 2023 tingkat Provinsi Jawa Barat di lapangan Dadaha, Kota Tasikmalaya, Ahad.

Ia mengatakan, peringatan Hari Santri Nasional 2023 di Kota Tasikmalaya tingkat provinsi merupakan kali pertama, untuk itu terima kasih kepada Penjabat Gubernur Jabar, Kementerian Agama dan pihak terkait lainnya yang sudah memberikan dukungan sehingga acara hari santri berjalan sukses.

Ia berharap adanya kegiatan yang menghadirkan ribuan santri dari berbagai pondok pesantren di Jawa Barat dapat mendorong semangat bagi Pemkot Tasikmalaya, khususnya kalangan santri untuk terus semangat belajar agar menjadi generasi bangsa yang hebat.

"Ini bisa memberikan semangat baru bagi kami, bagi pemerintah kota, dan seluruh santri di Kota Tasikmalaya," katanya.

Ia menyebutkan, di Kota Tasikmalaya terdapat 270 pesantren yang memiliki kurang lebih 41 ribuan santri yang sedang menuntut ilmu agama Islam untuk menuju generasi bangsa yang maju dan berkembang.

Pemerintah Kota Tasikmalaya, kata dia, siap memberikan dukungan untuk memajukan pondok pesantren dengan memberikan berbagai program yang saat ini sudah disiapkan.
Ia mengimbau seluruh santri agar belajar dan menuntut ilmu agama dengan baik agar suatu saat nanti menjadi pejabat, pengusaha, atau apa saja memiliki karakter yang berkualitas dan mengedepankan ajaran agama.

"Suatu saat nanti, kalau lah menjadi seorang pejabat maka pejabat yang ahli Quran, kalau nanti menjadi seorang arsitek maka arsitek yang ahli Quran, kalau seandainya nanti menjadi siapapun, menjadi pengusaha maka pengusaha yang juga ahli Quran," kata Cheka.

Peringatan Hari Santri Nasional 2023 tingkat Provinsi Jawa Barat digelar cukup meriah dengan kegiatan upacara, kemudian doa bersama, dan melakukan kirab menyusuri sejumlah ruas jalan di kota itu. 



 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023