Wali Kota Cirebon, Jawa Barat Nashrudin Azis mengatakan Mall UKM menjadi salah satu pusat untuk pemasaran produk pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) atau lokal, agar lebih dikenal luas.

"Melalui Mall UKM ini, kami ingin berinovasi untuk mengemas dan mengangkat produk UMKM menjadi lebih bernilai dan naik kelas," kata Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis di Cirebon, Senin.

Azis mengatakan Mall UKM terletak di lantai bawah kantor Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian (DKUKMPP) Kota Cirebon yang berada di Jalan Cipto Mangunkusumo. Dan diharapkan menjadi pusat penjualan produk unggulan khas Cirebon.

Karena lanjut Azis berbagai produk lokal atau hasil produksi UMKM Kota Cirebon, mulai dari makanan sampai souvenir atau oleh-oleh khas dijual di tempat itu

Ia berharap Mall UKM menjadi wadah sekaligus memasarkan produk UMKM andalan Kota Cirebon, sehingga, produk UMKM dikenal oleh masyarakat luas, serta dapat meningkatkan kualitas produk, dan dapat bersaing dengan produk nasional.

"Semoga produk UKM Kota Cirebon bisa sejajar dengan produk nasional," tutur Azis.

Azis menambahkan Pemerintah Kota Cirebon berkomitmen untuk mengoptimalkan potensi dari UMKM. Salah satunya dengan menciptakan iklim usaha yang kondusif, menjaga stabilitas sosial, dan melakukan upaya pengembangan sektor swasta yang dinamis.
"Kami menyadari bahwa upaya pemulihan ekonomi nasional memang memerlukan usaha yang sangat keras, progresif, dan kolaboratif dari seluruh pemangku kepentingan," katanya.

Sementara itu, Kepala DKUKMPP Kota Cirebon, Iing Daiman menjelaskan, Mall UKM merupakan sentra penjualan produk UKM. Mall dalam hal ini merupakan akronim dari Melayani Anda Lewat Layanan.

Menurutnya terdapat ratusan produk khas Cirebon yang dijajakan di Mall UKM ini. Pihaknya memastikan produk yang ada telah melalui proses kurasi.

"Kami menerapkan standar khusus bagi UKM yang ingin produknya ada di Mall UKM. Yang pasti produk dikemas dengan baik dan asli produksi UKM, kemudian kami melakukan kurasi," katanya.

 

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022