Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jawa Barat (Jabar) menyatakan akan memaksimalkan terus potensi pendapatan dari sektor pajak air permukaan sebagai salah satu inovasi terbaru untuk mengoptimalkan pendapatan asli daerah.
 
"Jadi untuk optimalisasi memaksimalkan potensi pendapatan dari pajak air permukaan, kami akan berkolaborasi dengan Dinas Sumber Daya Air Jabar serta Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Jabar," kata Kepala Bapenda Jawa Barat Dedi Taufik dalam keterangan tertulisnya, Sabtu.

Baca juga: Bapenda Jabar ajak warga ngabuburit sambil bayar pajak dengan layanan Samsore
 
Langkah lainnya, lanjut Dedi, pihaknya mendata kembali sekaligus menyisir perusahaan yang menggunakan air permukaan di wilayah Jawa Barat.
 
"Ada banyak potensi pajak yang bisa dimaksimalkan untuk menambah pendapatan daerah. Salah satunya di sektor Pajak Air Permukaan," kata dia.
 
Menurut dia, inovasi tersebut juga merupakan dorongan setelah Bapenda Jawa Barat mendapatkan penghargaan dari Mendagri atas realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang meningkat. 
 
Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian pada pekan lalu. Jawa Barat masuk sebagai wilayah dengan realisasi PAD yang meningkat dari tahun 2020 ke 2021.
 
Selain itu dalam acara Rapat Kerja Nasional (rakornas) Keuangan Daerah Tahun 2022 tersebut, Pemprov Jabar pun mendapat penghargaan kategori realisasi belanja daerah tertinggi.

Baca juga: 90 persen warga Kota Bandung taat bayar pajak
 
Dedi Taufik mengatakan penghargaan tersebut merupakan buah kerja keras banyak pihak dalam menjalankan upaya pemulihan ekonomi pada masa pandemi COVID-19.
 
"Tentu penghargaan ini patut disyukuri karena bisa menjadi tambahan semangat untuk melanjutkan kinerja yang sudah berjalan," kata dia.

Pihaknya saat ini terus memaksimalkan potensi pajak di berbagai sektor. "Tentunya inovasi dan kolaborasi harus terus dilakukan sebagaimana amanat Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil," ujar Dedi Taufik.
 
Baca juga: Bapenda Jabar sediakan layanan tambahan pada sore/malam dan akhir pekan 

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022