Sekretaris Daerah Kota Cirebon, Jawa Barat Agus Mulyadi mengatakan setelah Pemerintahan Pusat melonggarkan aktivitas warga berdampak sangat besar bagi perekonomian, terbukti dengan meningkatnya pendapatan pada sektor pajak.

"Adanya pelonggaran aktivitas, terutama pada Lebaran, membuat perekonomian kita terus bangkit," kata Agus di Cirebon, Rabu.

Baca juga: Peresmian Situ Bagendit oleh Presiden Jokowi sedang dipersiapkan

Agus mengatakan indikasi kebangkitan ekonomi juga bisa terlihat dari pendapatan daerah terutama di sektor pajak, yang mengalami peningkatan cukup signifikan.

Di mana pendapatan pajak per bulannya sudah sesuai dengan progresnya, untuk itu diharapkan kondisi seperti saat ini terus terjaga dan pandemi segera berakhir.

"Dari sisi perolehan pajak juga berada pada progresnya, kalau kita lihat rata-rata 8 persen per bulan, maka sudah mencapai 32 persen," ujarnya.

Selain itu, secara kasat mata lanjut Agus, pergerakan roda perekonomian juga mengalami peningkatan, baik di pasar tradisional, modern, maupun tempat lainnya yang selalu dipadati masyarakat.

"Kalau dari sisi kasat mata saja banyak kunjungan masyarakat dari berbagai daerah, terbukti dengan penuhnya semua tempat di Kota Cirebon," katanya.

Agus juga menyambut baik adanya langkah Pemerintah Pusat yang telah memperbolehkan melepaskan masker di tempat terbuka, dan ini diharapkan menunjukkan pandemi ini segera berakhir.

Baca juga: Bulog Cirebon salurkan 730 ton kedelai subsidi untuk perajin tahu tempe

Baca juga: 502 ribu warga Kabupaten Cirebon telah divaksinasi COVID-19 dosis ketiga


 

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Feri Purnama


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022