Peresmian objek wisata Situ Bagendit di Kecamatan Banyuresmi, menuju wisata kelas dunia, yang direncanakan dilakukan Presiden Joko Widodo sedang dipersiapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, Jawa Barat. 

"Rencana diresmikannya dari (Kementerian) PUPR akhir Mei atau awal Juni (2022), kemungkinan oleh Presiden," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut Budi Gan Gan di Garut, Rabu.

Ia menuturkan revitalisasi tempat wisata Situ Bagendit itu mendapatkan perhatian dari pemerintah pusat dengan harapan akan menjadi destinasi wisata yang dibanggakan Garut.

Pelaksanaan pembangunan tempat wisata itu, kata dia, secara infrastruktur sudah 100 persen selesai, untuk selanjutnya menunggu diresmikan oleh Presiden Jokowi.

"Dari kementerian PUPR sedang diusahakan untuk diresmikan oleh Presiden," kata Budi.

Ia menyampaikan jelang peresmian objek wisata Situ Bagendit tidak ada penambahan fasilitas, hanya menjaga kebersihan lingkungan setelah banyak dikunjungi wisatawan saat libur Lebaran.

Ia menyampaikan meski belum diresmikan, objek wisata Situ Bagendit itu sudah bisa dikunjungi oleh wisatawan untuk menikmati fasilitas baru dan suasana alamnya.
"Situ Bagendit sudah dibuka sejak Lebaran kemarin, intinya sudah siap menyambut wisatawan," katanya.

Ia mengatakan operasi bersih-bersih sampah dilakukan secara bersama-sama melibatkan sejumlah instansi pemerintah daerah, termasuk dengan anggota DPRD Garut.

Operasi bersih tempat wisata, kata dia, tidak hanya di Situ Bagendit saja melainkan di destinasi wisata lainnya yang dilakukan setiap hari.

"Sebenarnya bersih-bersih di tempat destinasi terus dilakukan, jadi kita terus lakukan, apalagi di (wisata pantai) Sayang Heulang setiap hari," katanya.

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022