Sejumlah tempat wisata di wilayah selatan Cianjur, Jawa Barat, dipadati pengunjung dari berbagai daerah, penerapan prokes ketat diterapkan pengelola tempat wisata termasuk mewajibkan pengunjung sudah mendapat vaksinasi lengkap.

Pengelola obyek wisata Ocean View Karangpotong di Kecamatan Sindangbarang, Deden saat dihubungi Rabu, mengatakan angka kunjungan meningkat sejak hari kedua Lebaran hingga H+1 lebaran, dimana tingkat kunjungan mencapai 5.000 orang sejak pagi hingga petang.

"Untuk H+1 Lebaran jumlah pengunjung sudah meningkat sejak pagi hingga Rabu petang, sebagian besar datang dengan kendaraan roda dua dan empat. Didominasi kendaraan dari Bandung, Garut, Tasikmalaya dan Jabodetabek serta wisatawan lokal," katanya.

Baca juga: Pemkab Cianjur tutup taman alun-alun selama bulan Ramadhan

Meski mengalami peningkatan yang cukup tinggi, pihaknya tetap menerapkan prokes ketat termasuk berkoordinasi dengan Polres Cianjur, untuk menyediakan gerai vaksinasi untuk pengunjung yang belum mendapatkan vaksinasi lengkap kedua atau vaksinasi tambahan booster.

Hal senada terucap dari pengelola pantai Cemara di Kecamatan Cidaun, Usep, mengatakan memasuki H+1 lebaran angka kunjungan mengalami peningkatan meski belum signifikan karena jalur menuju selatan Cianjur dari Ciwidey-Bandung terjadi kemacetan, sehingga jarak tempuh menjadi lama.

Baca juga: Obyek wisata pantai selatan Cianjur ramai dikunjungi wisatawan lokal


"Hingga petang jumlah pengujung mencapai 1.500 orang, mengalami kenaikan dibandingkan hari libur akhir pekan. Kalau dibandingkan Lebaran sebelum pandemi, belum mengalami kenaikan karena pada lebaran dua tahun lalu pada H+1 lebaran kunjungan bisa mencapai belasan ribu," katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Cianjur, Pratama Nugraha, mengatakan selama libur panjang hari raya, pihaknya berharap dapat meningkatkan angka kunjungan dan perekonomian di sejumlah tempat wisata yang banyak terdapat di Cianjur mulai dari utara hingga selatan.

"Kita berharap selama libur panjang hari raya perekonomian Cianjur dapat kembali meningkat, serta angka kunjungan terus bertambah sehingga pemulihan perekonomian dapat dilakukan ke depan," katanya.

Baca juga: Tempat wisata di Puncak-Cipanas meningkat pada hari kedua lebaran

Baca juga: Disparpora Cianjur rekomendasikan tempat wisata untuk melepas lelah pemudik

 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022