Pemerintah Kabupaten Sumedang, Jawa Barat menerima Anugerah Sistem Merit Sangat Baik atau masuk dalam 4 besar nasional pada ajang Anugerah Meritrokrasi Tahun 2021 yang digelar Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN)  di Surabaya, Jawa Timur, Selasa.

Piala dan piagam penghargaan anugerah tersebut diterima oleh Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan dari Ketua KASN Agus Pramusinto didampingi Wakil Ketua KASN Tasdik Kinanto.

Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sumedang Kusman Diana menyatakan Pemkab Sumedang dalam hal ini BKPSDM meraih Kategori Sangat Baik dengan nilai 328,5 dalam pelaksanaan Sistem Merit di lingkungan Pemkab Sumedang. 

Baca juga: Polres Sumedang bentuk Tim Gerak Cepat Penanganan Bencana

"Tahun 2020 Kabupaten Sumedang meraih Kategori Baik dengan nilai 301,5. Pada tahun 2021 kita targetkan meraih Sangat Baik. Alhamdulillah bisa tercapai dengan nilai 328,5 dan menempati peringkat keempat nasional," kata Kusman Diana yang hadir mendampingi Wakil Bupati Sumedang.

Kusman menyampaikan Sistem Merit merupakan suatu sistem manajemen kepegawaian yang menekankan pertimbangan dasar kompetensi bagi calon yang diangkat, ditempatkan, dipromosikan, dan dipensiunkan sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. 

"Dengan Sistem Merit, diharapkan tercipta sumber daya ASN mendapatkan yang benar-benar memenuhi kompetensi, kualifikasi, dan mampu menunjukkan prestasi kerja," katanya. 

Kusman menambahkan, penerapan Sistem Merit dimaksudkan agar jabatan di birokrasi benar-benar diduduki orang-orang yang profesional, kompeten dan melaksanakan tugas berdasarkan nilai dasar, kode etik dan kode perilaku ASN. 
"Indeks Sistem Merit yang diumumkan pada Anugerah Meritrokasi merupakan hasil evaluasi terhadap penerapan delapan aspek penerapan Sistem Merit di seluruh instansi pemerintah, termasuk di pemerintah daerah," katanya.

Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan bersyukur Kabupaten Sumedang meraih penghargaan tertinggi se-Indonesia dalam pelaksanaan Sistem Merit yang menunjukkan pelayanan kepegawaian ASN semakin baik. 

Baca juga: Anggota DPR RI apresiasi lahirnya Perda Kawasan Perkotaan Jatinangor

"Alhamdulillah kinerja pelayanan kepegawaian ASN Kabupaten Sumedang semakin baik. Hal ini dibuktikan dengan diraihnya Anugerah Meritokrasi dari KASN dengan predikat terbaik keempat," kata Erwan.

Ia berharap raihan penghargaan tersebut menjadi motivasi ASN untuk bekerja lebih baik lagi demi mewujudkan visi Sumedang sejahtera, agamis, maju, profesional, dan kreatif (Simpati).

"Ini patut disyukuri dan menjadi penyemangat untuk ASN di Kabupaten Sumedang sehingga 'Sumedang Simpati' segera terwujud," katanya.
 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021