Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut, Jawa Barat, belum menuntaskan pendistribusian kotak suara dan lembaran surat suara untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 karena masih ada beberapa hambatan dalam pendistribusian ke sejumlah kecamatan di Garut.

"Kita masih ada aktivitas (menyiapkan pendistribusian logistik), kita harus selesai sampai besok (Selasa) pagi," kata Ketua KPU Kabupaten Garut, Junaidin Basri usai rapat koordinasi dengan sejumlah instansi terkait di Markas Polres Garut, Senin.

Ia menuturkan, pendistribusian logistik Pemilu 2019 baru selesai terdistribusikan ke beberapa kecamatan sebesar 70 persen, sisanya masih dipersiapkan untuk segera didistribusikan.

KPU Garut, lanjut dia, masih harus menyiapkan beberapa logistik pemilu, seperti kotak suara dan penggantian surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden yang baru saja sampai di Garut.

"Ada penggantian surat suara pemilihan presiden yang saat ini sudah sampai, secepatnya akan didistribusikan," katanya.

Ia menyampaikan, petugas KPU Garut terus bekerja, bahkan ada yang sampai kurang tidur untuk menyelesaikan kebutuhan logistik pemilu ke masing-masing kecamatan.

Khusus kecamatan paling jauh seperti daerah selatan Garut, kata dia, semuanya sudah terdistribusikan, sisanya hanya kawasan perkotaan, termasuk daerah utara Garut.

"Saat ini yang belum terdistribusikan logistiknya seperti daerah Malangbong, Cilawu dan perkotaan Garut," katanya.

Ia memastikan pendistribusian surat suara dan kebutuhan logistik lainnya untuk pemilu akan tuntas terdistribusikan sebelum pelaksanaan pencoblosan pada 17 April 2019.

"Karena masalah pendistribusian ini bukan hanya di Garut saja, tapi nasional, namun dipastikan semuanya akan selesai pada waktunya," kata Junaidin.

Sementara itu, sejumlah pekerja di gudang logistik tampak sibuk merakit kotak suara, kemudian mengemas setiap surat suara untuk dimasukkan ke dalam kotak, selanjutnya disegel resmi berlogo KPU.

Logistik yang sudah dikemas ke dalam kotak suara langsung ditumpukan di tempat yang sudah disiapkan untuk selanjutnya dibawa menggunakan truk sesuai daerah tujuan masing-masing kecamatan.

Baca juga: Logistik Pemilu dikirim ke pelosok Kabupaten Garut

Baca juga: Puluhan ribu surat suara pilpres di Garut rusak

 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Feri Purnama


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019