Cianjur (Antaranews Jabar)- Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mencatat seluruh puskesmas di Cianjur telah terakreditasi Madya berdasarkan hasil penilaian terbaru.

"Hasil penilaian Puskesmas Gunung Bitung dan beberapa puskesmas lain sudah keluar dan hasilnya adalah Akreditasi Madya," kata Kepala Dinas Kesehatan Cianjur, Tresna Gumilar di Cianjur Kamis.

Dia menuturkan, dengan hasil ini Cianjur menjadi daerah pertama di Jawa Barat yang menuntaskan akreditasi untuk semua puskesmas, lebih cepat dari target sebelumnya.

Pertengahan tahun lalu, kata dia, total puskesmas yang terakreditasi sudah 30 dari total 45 puskesmas se Kabupaten Cianjur, hingga akhir tahun puskesmas lainnya mempercepat persiapan untuk meningkatkan status atau akreditasi.

"Puskesmas Sukamahi di Kecamatan Sukaresmi, menjadi yang terakhir menjalani akreditasi. Sehingga seluruh puskesmas yang ada di wilayah Cianjur, sudah diakreditasi," katanya.

Meskipun awal penilaian akreditasi puskesmas ditargetkan tuntas tahun 2019, namun kesiapan dari setiap puskesmas lebih cepat, sehingga dipenghujung 2018 akreditasi sudah selesai seluruhnya.

Hal tersebut tambah dia, tidak lepas dari pendampingan tim di Dinkes Cianjur, termasuk dipicu sebagian besar sudah menjalani akreditasi, sehingga yang belum secepatnya menyiapkan diri.

"Percepatan tersebut merupakan prestasi dan pencapaian membanggakan untuk Cianjur di bidang kesehatan. Selanjutnya kami akan membangun sejumlah layanan kesehatan pada tahun ini," katanya.

Baca juga: Puskesmas Cianjur buka 24 jam selama libur panjang

Baca juga: Dinkes Cianjur Instruksikan Seluruh Puskesmas Siaga Bencana
 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Isyati Putri


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019