Jatinangor (Antaranews) - Menghadapi era 4.0 atau era revolusi yang ditandai dengan kemajuan teknologi, Industri membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) komunikasi yang cerdas teknologi, kata Prof. Dr. H. Engkus Kuswarno, MS saat sebagai Keynote Speaker pada Seminar Nasional Organisai “Oration” di Kampus Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Jatinangor, Rabu (9/1/2019).

Ia menjelaskan revolusi industri 4.0 ditandai dengan tersentuhnya semua aspek industri oleh dunia virtual. 

"Semakin hari dunia kerja kita semakin akrab dengan mesin, data dan teknologi robot," kata Profesor di bidang komunikasi yang menelurkan ide tentang komunikologi ini.

Teknologi yang sangat cepat dan serba internet ini mempengaruhi hubungan pola hubungan manusia dalam bermasyarakat di berbagai bidang. "Bisa dikatakan perubahan skin to skin menjadi screen to screen," ujar akademisi yang pernah mendapat tanda kehormatan dari Presiden RI ini.
 
Relasi virtual tersebut diharapkan berjalan dengan kecerdasan dan dihadapi dengan bijaksana agar dapat menghasilkan output positif.
 
Kecanggihan teknologi dalam dunia usaha dan industry juga harus disikapi secara cepat dan matang agar eksistensi perusahaan tetap terjaga.
 
Untuk itu diharapkan SDM yang tersedia mampu menghadapi era yang serba sulit dan berdaya saing tinggi.

Pada kesempatan yang sama Dekan Fikom Unpad Dadang Rahmat Hidayat yang turut hadir memberikan apresiasi pada gelaran Seminar Nasional Organisasi Oration.

"Lewat acara ini saya yakin mahasiswa mampu dan punya solusi yang baik dalam memecahkan permasalahan komunikasi organisasi," ungkap mantan Ketua Komisi Penyiaran Pusat ini.
 
Suasana Kelas paralel saat presentasi materi pemakalah Seminar Nasional Oration di Universitas Padjadjaran, Rabu (9/1/2019). (Foto Oration2019 Unpad)


Gelaran Oration ini menampilkan sebanyak 95 artikel yang berisi terobosan pemikiran berorganisasi dalam menghadapi era 4.0 ditampilkan pada Seminar Nasional Komunikasi Organisasi "Oration" ini.
 
"Sebanyak 95 artikel tersebut  berhasil terpilih dari 114 artikel ilmiah yang masuk ke panitia Oration," ungkap ketua panitia penyelenggara seminar nasional ini Tatang Manggala.
 
Artikel terpilih tersebut  merupakan artikel dengan terobosan pemikiran terbaik yang juga sudah lolos uji plagiasi turnitin.

Kesemua artikel terpilih tersebut mewakili delapan sub tema  dari tema besar "The Future Of Organizational Communication In The Industrial Era 4.0

Pada pelaksanaan Oration yang berlangsung 9 Januari mendatang  akan diberikan juga materi yaitu dalam sesi Materi Penghantar (Keynote) mengenai “The Future of Organizational Communication in The Era Industry 4.0".

Baca juga: Rektor Unpad berharap lulusan universitas bangun bisnis di daerah

Baca juga: Individualisme dalam kampus jadi jalan masuk radikalisme



 

Pewarta: Press release

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019