Cianjur (Antaranews jabar) - Pemkab Cianjur, Jawa Barat, memfokuskan pembangunan infrastruktur jalan menuju ke tempat wisata baru di wilayahnya sebagai upaya meningkatkan sektor pariwisata.

Dengan angka kunjungan wisata ke Cianjur, yang meningkat, maka akan meningkatkan pula pendapatan asli daerah (PAD) dan perekonomiaan warga sekitar seperti di Kecamatan Warungkondang, Campaka, dan Pasirkuda.

Wakil Bupati Cianjur Herman Suherman saat dihubungi Sabtu, usai membuka acara Tour De Gunung Padang, Cianjur, mengatakan termasuk ajang promosi tempat ke wisata baru itu, akan dilakukan lebih maksimal.

"Sama halnya dengan Gunung Padang, promosi dengan menggelar berbagai kegiatan yang bisa diikuti berbagai kalangan dari berbagai daerah sebagai bentuk promosi destinasi wisata," katanya.

Tahun depan, ungkap dia, angka kunjungan akan lebih meningkat dengan diresmikannya sejumlah tempat wisata baru seperti Curug Ngebul di Kecamatan Pasirkuda dan Kampung Wisata Pandanwangi di Kecamatan Warungkondang.

Keberadaan tempat wisata baru tersebut, tambah dia, akan meningkatkan perekonomian warga sekitar tidak hanya untuk meningkatkan PAD Cianjur.

"Sarana dan prasarana penunjang dapat digunakan warga sekitar untuk meningkatkan perekonomiannya dengan menawarkan berbagai produk lokal dan khas Cianjur," katanya.

Sedangkan terkait tidak tercapainya target PAD 2018 dari sektor pariwisata, tutur dia, karena berbagai faktor termasuk longsor di wilayah Puncak-Cipanas, sehingga kendaraan besar tidak dapat melintas.

"Harapan kami perbaikan jalan yang longsor di Puncak, dapat tuntas tahun ini, agar wisatawan yang hendak berkunjung ke Cianjur, tidak lagi terkendala karena bus yang mereka tumpangi tidak dapat melintas," katanya.

 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018