Cianjur (Antaranews Jabar) - Bupati Cianjur, Jawa Barat, Irvan Rivano Muchtar, Sabtu, mengatakan daerahnya akan segera memiliki kantor cabang imigrasi.

Keberadan kantor tersebut diharapkan dapat memudahkan warga yang membuat administrasi keimigrasian, sehingga tidak perlu lagi keluar kota.

"Kalau tidak November, kemungkinan awal Desember sudah ada tinggal peralatannya disiapkan," katanya.

Irvan mengatakan, upaya untuk mengadakan kantor cabang imigrasi di Cianjur karena banyak warga yang harus pulang-pergi ke Sukabumi untuk mengurus administrasi keimigrasian untuk bekerja ataupun untuk hal lain terkait luar negeri.

"Keberadaan kantor imigrasi di Cianjur, akan memudahkan warga mengakses informasi dan mengurus dokumen. Ini akan memperingat biaya dan mempersingkat waktu," katanya.

Usaha untuk memiliki kantor imigrasi tersebut, tambah dia, sudah diupayakan sejak tahun lalu, namun baru tahun ini ada kebijakan untuk membentuk kantor cabang di Cianjur.

Keberadaan kantor imigrasi akan memudahkan pendataan tenaga kerja asing (TKA) yang selama ini pendataan dan pengawasan sulit dilakukan karena jarak dan kesibukan dari petugas di Sukabumi.

"Kalau pendataannya maksimal, tentu nanti jadi pendapatan asli daerah (PAD) dari IMTA. Selama ini kita cukup kesulitan melakukan pendataan di lapangan," katanya.
 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018