Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, Jawa Barat menggencarkan pelaksanaan program Cek Kesehatan (Cekas) hingga rumah warga di pelosok guna memastikan kondisi kesehatan mereka dan sebagai upaya mencegah berjangkit penyakit menular.

Kepala Dinkes Cianjur dr Yusman Faisal di Cianjur, Rabu, mengatakan program Cekas dilakukan tenaga kesehatan di masing-masing pusat layanan kesehatan di tingkat kecamatan hingga desa dengan mendatangi warga dari rumah ke rumah.

Baca juga: Bupati Cianjur: PMR dapat meningkatkan kepedulian sosial

"Layanan Cekas yang diberikan mulai dari tinggi badan, berat badan, cek darah hingga kolesterol, di mana pelayanan tersebut dilakukan secara cuma-cuma sebagai upaya mendekatkan pelayanan kesehatan serta memastikan warga dalam kondisi sehat," katanya.

Pelayanan Cekas, ujar dia, sekaligus upaya dini mengantisipasi merebak penyakit menular, termasuk cacar monyet yang berjangkit di sejumlah wilayah di Indonesia, sehingga dapat dilakukan penanganan cepat ketika ditemukan.

Bagi masyarakat yang tidak mendapat pelayanan di rumah, katanya, dapat melakukan Cekas secara berkala di puskesmas terdekat guna memastikan kondisi kesehatan mereka prima sehingga Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sektor kesehatan meningkat.

"Kami juga menggencarkan kunjungan dokter ke rumah warga sebagai bentuk layanan cepat dan mendekatkan pelayanan kesehatan hingga ke rumah, termasuk sepeda motor klinik, yang dapat menjangkau perkampungan di pelosok," katanya.
Bahkan, setiap digelar kegiatan Desa Manjur bersama Bupati Cianjur, pihaknya juga memberikan berbagai pelayanan kesehatan kepada warga, termasuk memberikan tambahan vitamin dan makanan tambahan bagi ibu hamil dan menyusui sebagai upaya menjadikan Cianjur nol kasus stunting.

"Pemerintah akan selalu hadir memberikan berbagai kemudahan bagi warga terutama sektor kesehatan, sehingga IPM Cianjur dapat meningkat warganya sehat dan dijauhkan dari berbagai penyakit menular," katanya.

Terkait dengan target pelayanan Cekas setiap hari, ujar dia, sebanyak mungkin warga atau minimal 200-300 orang melakukan pemeriksaan ke pusat layanan kesehatan, mulai dari utara hingga selatan Cianjur.

Baca juga: Disdikpora: PKBM Cianjur cetak pelaku usaha berbagai bidang keterampilan

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024