Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majalengka, Jawa Barat, mengimbau kepada 1.192 calon haji daerah itu agar mematuhi peraturan di Makkah, Arab Saudi, sehingga ibadah haji berjalan lancar dan mereka dapat kembali ke Tanah Air dengan selamat.
 
“Semoga semua jamaah dapat menunaikan ibadah hajinya dengan baik serta kembali menjadi haji yang mabrur,” kata Penjabat (Pj) Bupati Majalengka Dedi Supandi di Majalengka, Selasa.

Baca juga: 12.072 jamaah calon haji RI tiba di Tanah Suci
 
Selain mematuhi peraturan, kata dia, para calon jamaah haji pun disarankan untuk mempersiapkan kondisi fisik dan kesehatan karena prosesi ibadah haji sangat menguras tenaga.
 
Dedi menyebut hal itu penting dilakukan supaya para calon jamaah haji asal Majalengka dapat melaksanakan rukun Islam kelima tersebut tanpa mengalami hambatan.
 
“Kepada jamaah yang berangkat ke Tanah Suci, mohon didoakan juga supaya Majalengka diberikan tanahnya subur, makmur, dan selalu terhindar dari bencana,” ujarnya.
 
Ia menyampaikan pemberangkatan calon haji mulai dilaksanakan pada Rabu (15/5), yang diterbangkan secara bertahap melalui Bandara Kertajati. Para jamaah itu akan menetap sementara di Asrama Haji Indramayu.
 
Menurut Dedi, rombongan pertama calon haji asal Majalengka tergabung ke dalam kloter keempat untuk Embarkasi Kertajati.
 
“Untuk semua calon haji yang diberangkatkan ke Makkah pada 2024 merupakan pendaftar dari tahun 2012-2013,” katanya.
 
Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Majalengka Eman Suherman menjelaskan rombongan pertama calon haji asal daerahnya yang berjumlah 431 orang, saat ini sudah berangkat ke Asrama Haji Indramayu menggunakan 11 bus.
 
Pihaknya berpesan kepada ketua rombongan untuk selalu menjaga kekompakan supaya calon jamaah haji yang berangkat bisa kembali lagi dengan jumlah tetap sebanyak 431 orang.
 
“Ketua rombongan harus bisa memastikan anggotanya tetap kompak dan jangan sampai tercecer," ucap Eman.

Baca juga: Jamaah calon haji disuguhi makanan khas Indonesia selama di Tanah Suci

Pewarta: Fathnur Rohman

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024