Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menjamin bantuan stimulan tahap IV untuk penyintas gempa Cianjur, cair setelah proses perbaikan data tuntas dilakukan karena hingga saat ini masih banyak data ganda ditemukan.

Bupati Cianjur Herman Suherman di Cianjur Rabu, mengatakan akibat data ganda yang masih masuk sebagai penerima bantuan di tahap IV sedangkan nama tersebut sudah mendapat bantuan di tahap I, II atau III, membuat proses pencairan kembali terhambat.

Baca juga: Bupati Cianjur jamin bantuan gempa tahap IV cair awal Maret

"Saat ini jumlahnya kembali ditemukan sekitar 700 orang, di mana mereka kembali mengajukan nama sebagai penerima dengan membuat kartu keluarga baru, atau nama anggota keluarga dipecah ke kartu keluarga terpisah," katanya.

Hal tersebut, ungkap Herman membuat pencairan bantuan tahap IV bagi puluhan ribu penyintas gempa di Cianjur kembali terhambat, karena perbaikan data calon penerima terus diverifikasi sebelum dibuatkan Surat Keputusan (SK) Bupati dan diserahkan ke Pusat.

Guna mempercepat proses verifikasi data penerima stimulan tahap IV, pihaknya telah mengumpulkan kepala kecamatan dan kepala desa terdampak terutama di wilayah Cianjur dan Cugenang, untuk membantu proses pendataan ulang agar tidak ada lagi data ganda penerima.

"Kasihan mereka yang masih tinggal di tenda dan hunian darurat, akibat ulah oknum warga yang mencari keuntungan dengan mengajukan ulang namanya menghambat pencairan yang seharusnya sudah dapat dilakukan akhir tahun 2023," katanya.
Pihaknya berharap warga penyintas gempa yang belum mendapat bantuan stimulan pembangunan rumah kembali dari pemerintah pusat agar lebih bersabar karena bantuan tersebut pasti cair setelah pendataan ulang atau verifikasi data calon penerima tuntas dilakukan pemerintah daerah.

Seiring masih banyaknya warga yang masih tinggal di dalam tenda dan hunian darurat, pihaknya menyiapkan sejumlah program untuk membantu meringankan beban warga penyintas dengan memberikan uang tunggu agar mereka dapat mengontrak rumah sambil menunggu kepastian pencairan.

"Bagi warga penyintas yang masuk tahap IV membutuhkan bantuan silahkan hubungi kepala desa atau langsung hubungi saya melalui akun media sosial pribadi yang akan segera saya jawab dan berikan bantuan sesuai permintaan," katanya.

Baca juga: Cianjur tuntaskan pendataan ulang penerima stimulan tahap IV

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024