Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, masih menuntaskan pendataan ulang calon penerima bantuan stimulan tahap IV dari pemerintah pusat untuk puluhan ribu penerima karena banyak data penyintas gempa yang sudah menerima bantuan kembali diajukan.

Bupati Cianjur Herman Suherman di Cianjur Kamis, mengatakan pengajuan stimulan tahap IV yang diajukan ke pemerintah pusat terpaksa harus diverifikasi ulang karena dari 40 ribu pengajuan masih banyak data yang sudah menerima kembali diajukan.

"Kami meminta dinas terkait termasuk BPBD Cianjur, untuk mengolah kembali data tersebut, sehingga pencairan bantuan tahap IV masih belum dapat dilakukan karena banyak data ganda," katanya.

Pihaknya meminta tidak ada lagi warga yang sudah menerima bantuan di tahap I,II dan III yang kembali mengajukan diri sebagai penerima bantuan karena akan menghambat pencairan bantuan untuk puluhan ribu warga penyintas gempa yang belum mendapatkan.

"Saya minta tidak ada lagi warga yang sudah dapat bantuan kembali mengajukan, kasihan warga yang belum mendapat bantuan terhambat pencairannya karena pemerintah daerah harus melakukan verifikasi ulang data hingga empat kali," katanya.

Namun pihaknya memastikan warga penyintas yang belum mendapat bantuan akan segera menerima pencairan setelah verifikasi data tuntas dilakukan dan segera dikeluarkan Surat Keterangan yang akan diajukan ke pemerintah pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Setelah data benar-benar lengkap dan tidak ada lagi yang ganda, kami akan segera membuat SK untuk proses pencairan bantuan tahap IV ke pemerintah pusat, besar harapan kami dapat cair dalam waktu dekat," katanya.

 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024