Penjabat (Pj) Wali Kota Cimahi Dikdik Suratno Nugrahawan menyatakan, alun-alun di daerah yang tengah direnovasi oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat dengan nilai Rp14 miliar, dan kini hampir rampung , diharapkan menjadi tempat wisata yang banyak dikunjungi warga setempat.

"Kita berharap dengan tampilan baru Alun-alun Cimahi ini bisa menarik minat masyarakat, sehingga tidak harus pergi jauh-jauh ke Kota Bandung. Apalagi di kawasan Alun-alun Cimahi juga banyak pusat perbelanjaan," katanya di Cimahi, Kamis.

Baca juga: Pemkot Cimahi integrasikan beberapa aplikasi tingkatkan layanan masyarakat

Dikdik menjelaskan, alun-alun yang berada di pusat Kota Cimahi, berdampingan dengan Masjid Agung Cimahi itu mulai diperbaiki sejak awal tahun 2023 menggunakan anggaran dari Pemprov Jabar.

Dengan tampilan baru yang menurutnya lebih representatif, bisa menyedot pengunjung. Sehingga pusat-pusat perbelanjaan yang ada di sekitar Alun-alun Cimahi bisa ikut terdongkrak dari sisi perekonomiannya.

"Kita berharap iklim ekonomi berkembang dengan baik. Pengunjung diharapkan memanfaatkan untuk berbelanja di pertokoan atau pusat perbelanjaan yang banyak terdapat di sana," ujar Dikdik.

Dikdik mengatakan, setelah rampung nanti pihaknya akan membahas terkait penggunaan dan penataan Alun-alun Cimahi, pasalnya ketika rampung, yang harus dilakukan adalah bagaimana menjaga hasil pembangunan ini agar benar-benar dapat dinikmati masyarakat.

Menurut dia, ada beberapa rencana penataan akan dilakukan, di antaranya  lokasi keberadaan para pedagang kaki lima (PKL) yang sebelumnya kerap berjualan di kawasan tersebut.

"Insya Allah kami akan jaga, akan dipelihara aset ini. Nanti kita akan bahas apa yang harus dilakukan, bagaimana penggunaan alun-alun, termasuk toko-toko di sekitarnya," katanya.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Kota Cimahi Endang menambahkan, progres revitalisasi Alum-alun Cimahi yang biaya sepenuhnya dari Pemprov Jabar ini sudah lebih dari 90 persen.

"Progres-nya sudah sekitaran 90 persen, kontraknya itu sampai tanggal 7 Agustus 2023. Jadi masih ada waktu untuk selesai," tuturnya.
Dalam renovasi ini, Alun-alun Cimahi akan dilengkapi dengan main entrance, Plaza Barat, Plaza Timur, air mancur, traf dan tugu, playground, service area, akses basement, tangga basement, Taman Blumbak, Plaza Masjid hingga drop area.

Endang menjelaskan, dengan kelengkapan itu, Alun-alun Cimahi memiliki konsep "Heritage Entertainment dan Religious Space" yang bertujuan untuk mendukung Kota Cimahi sebagai kota yang bernuansa sejarah dan militer.

"Karakter dari "site"-nya kan alun-alun aktif tempat berkumpul masyarakat dan bermain anak-anak serta menyatu dengan Masjid Agung Cimahi sehingga itu jadi dasar penentuan konsepnya," katanya.

Renovasi Alun-alun Cimahi yang akan segera rampung ini mendapat sambutan antusias dari warga Cimahi, seperti Deden (37) yang menilai kondisi alun-alun kini lebih bagus dan rapi.

Baca juga: Pemkot Cimahi minta katering olah makanan secara higienis cegah keracunan

Namun, menurut Deden, kondisinya saat ini terasa gersang lantaran keberadaan pohon yang sebelumnya rimbun seperti beringin yang menjadi ciri khas alun-alun pada umumnya, sudah ditebang.

"Memang lebih bagus dan rapi, cuma kondisinya itu jadi lebih gersang, dan kalau siang pasti akan sangat panas," katanya.

Namun demikian, ia mengharapkan seluruh masyarakat bisa menjaga kebersihan dan ketertiban di area alun-alun yang baru direnovasi ini.

"Harus dijaga, jangan dirusak. Jangan dibikin kotor, jangan sampai ada coretan. Boleh ada PKL, tapi harus ditata," ucap Deden.

warga lainnya, Anggia (27), juga mengapresiasi rancangan alun-alun ini yang lebih tertata. Namun disayangkan salah satu ikon dari tempat tersebut yakni tulisan 'Alun-Alun Cimahi' yang terasa kurang tebal.

Akibat terlalu ramping, kata dia, akan menyebabkan tulisan tersebut tidak terlihat, karenanya akan lebih baik huruf di tulisan tersebut lebih besar dan tebal.

"Karena kan posisinya agak ke dalam ya, lalu ada pohon jadi kemungkinan tertutup karena tulisannya juga 'kurus' begitu. Mungkin baiknya lebih besar dan tebal lagi agar bisa terlihat dari jauh," ucapnya.

Pewarta: Ricky Prayoga

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023