Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, melatih cara membuat kerajinan suvenir bagi anggota Persatuan Istri Prajurit (Persit) Kodim 0620 Cirebon, yang diharapkan bisa membangkitkan perekonomian daerah.

"Kegiatan pelatihan ketrampilan ini merupakan salah satu yang bisa menunjang kebangkitan ekonomi daerah," kata Bupati Cirebon Imron di Cirebon, Jabar, Senin.

Baca juga: Disnaker Kota Cirebon gelar pelatihan keterampilan las dan multimedia

Imron mengatakan dengan adanya peningkatan ketrampilan yang dimiliki oleh masyarakat, nantinya akan bisa mendorong bangkitnya perekonomian dan kesejahteraan hidup masyarakat di daerah.

Ia menyambut baik kegiatan pelatihan yang dilaksanakan Disnakertrans dengan Kodim 0620/ Kabupaten Cirebon.

Imron berharap ilmu ketrampilan yang didapatkan dari pelatihan ini, bisa ditularkan kembali kepada seluruh anggota Persit dan masyarakat di Kabupaten Cirebon. "Saya berharap nanti ilmunya bisa ditularkan kepada masyarakat," ujar Imron.
Sementara itu, Dandim 0620/Kabupaten Cirebon Letkol Inf Afriandy Bayu Laksono menuturkan pihaknya sebenarnya menginginkan seluruh anggota Persit untuk bergabung dalam pelatihan ini, namun karena adanya keterbatasan, sehingga hanya 21 anggota saja yang terlibat.

Ia memastikan walaupun saat ini hanya ada 21 anggota yang mengikuti pelatihan, namun nanti ilmunya akan disebarkan ke seluruh Koramil yang ada di Kabupaten Cirebon.

Baca juga: Disnaker Kota Cirebon catat pembuatan Kartu Kuning capai 1.942 buah per Oktober

"Nanti ilmunya bukan hanya untuk pribadi, namun akan ditularkan kepada anggota Koramil atau masyarakat di sekitarnya," katanya.

Afriandy berharap hasil karya yang nantinya dihasilkan oleh para anggota Persit pada pelatihan dengan Disnaker ini, bisa bersanding dengan hasil produk-produk yang sudah banyak beredar di masyarakat.

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023