Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cirebon, Jawa Barat, mengadakan pelatihan khusus untuk dua bidang keterampilan yakni pengelasan dan multimedia bagi 32 peserta kalangan masyarakat di kota itu.

"Pelatihan ini merupakan program dari pemerintah pusat. Anggaran, kurikulum dan mata diklat yang diberikan juga sudah ditentukan," kata Sekretaris Disnaker Kota Cirebon Tri Helvian Utama di Cirebon, Rabu.

Baca juga: Kondisi jalan Jabar tetap terpelihara saat dan usai mudik Lebaran

Menurutnya, kedua pelatihan keterampilan itu dilaksanakan di dua tempat berbeda. Pengelasan plat welding di Balai Latihan Kerja (BLK) Disnaker Kota Cirebon, dan pelatihan multimedia di LPK Tikom.

Tri mengatakan dua pelatihan keterampilan tersebut merupakan angkatan kedua, dan masing-masing jumlah peserta sebanyak 16 orang, jadi totalnya ada 32 peserta.

Ia menjelaskan pelatihan pengelasan plat ini memang memiliki pangsa pasar di industri pabrik. Sedangkan multimedia, meski materi yang diberikan masih dasar, namun diharapkan bisa bermanfaat.

"Durasi pelatihan setiap keterampilan berbeda, pengelasan plat selama lima pekan, sedangkan multimedia selama empat pekan. Semua dapat sertifikat resmi untuk pedoman kerja," tuturnya.
 

Ia menambahkan pelatihan keterampilan tersebut akan ada angkatan ketiga, di mana jadwal pelaksanaan akan dipublikasi melalui media sosial dan website Disnaker Kota Cirebon.

Tri melanjutkan Disnaker Kota Cirebon, akan menambahkan pelatihan selain pengelasan dan multimedia, yakni jasa boga. Khusus pelatihan ini, program menggunakan dana dari APBD Kota Cirebon dan dilaksanakan bulan September 2022.

"Jasa boga dipilih karena kalau kuliner memiliki kreativitas tanpa batas dan tak lekang waktu. Peserta juga tidak hanya dilatih pembuatan makanan, melainkan pemasaran juga dilatih," katanya.

Baca juga: Tim Jihandak Polda Jabar amankan seorang pria yang mengancam ledakkan bom di Majalengka

Baca juga: Ombudsman Jabar turun ke Garut dorong peningkatan kualitas layanan publik

 

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Feri Purnama


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022