Pemerintah Provinsi Jawa Barat, mengalokasikan dana Rp 24 miliar untuk menuntaskan perbaikan jalan provinsi yang membentang di wilayah Cianjur bagian selatan sepanjang 20 kilometer mulai dari Sukanagara hingga Sindangbarang.

Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat Bambang Tirtoyuliono saat dihubungi di Cianjur, Minggu, mengatakan perbaikan jalan rusak milik provinsi yang membentang di wilayah selatan Cianjur, termasuk yang ambles dan longsor.

"Tidak hanya menuntaskan jalan yang rusak, termasuk perbaikan jalan milik provinsi yang ambles dan longsor di sejumlah titik di wilayah Cianjur selatan," katanya.

Untuk pengerjaan perbaikan jalan dengan cara diaspal itu, akan dilakukan pertengahan 2023 dan ditargetkan selesai awal Agustus sehingga menjelang akhir tahun jalan menuju selatan Cianjur sudah dalam kondisi baik dan laik dilalui.

Tahun sebelumnya, ungkap Bambang, Pemprov Jabar mengalirkan dana Rp 33,5 miliar untuk perbaikan 28 kilometer jalan provinsi di Cianjur selatan yang banyak dikeluhkan warga mulai dari Cibeber hingga Sindangbarang sedangkan tahun ini dilanjutkan proyek tersebut.

"Pembangunan empat ruas jalan yang dibangun mulai dari Jalan Raya Cibeber sepanjang 1,32 kilometer, Jalan Cibeber-Sukanagara sepanjang 10,57 kilometer, Jalan Raya Sukanagara sepanjang 2,07 kilometer, dan Jalan Sukanagara-Sindangbarang sepanjang 14,24 kilometer," katanya.

Bambang menambahkan untuk perbaikan dan pembangunan jalan milik provinsi setiap tahun selalu dianggarkan sehingga kondisi jalan baik dan laik dilalui seperti tahun ini, pihaknya mencatat 71 ruas jalan provinsi yang akan perbaiki.

"Termasuk ruas jalan yang ambles masuk dalam penanganan tahun ini. Jadi perbaikan jalan termasuk penanganan yang longsor dan ambles juga dilakukan tahun ini," katanya.

 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023