Dinas Pertanian Perkebunan Pangan dan Hotikulkara Cianjur, Jawab Barat, mencatat sepanjang tahun 2021, telah menyalurkan sebanyak 16 ton Cadangan Beras Pemerintah (CBP) ke lokasi bencana yang terjadi di sejumlah wilayah di Cianjur.

Kabid Ketanahan Pangan Dinas Pertanian Perkebunan Pangan dan Hotikultura, Abdul Hanan Sukmana di Cianjur Kamis, mengatakan stok CBP Cianjur tahun 2021 sebanyak 50 ton tersimpan di gudang Bulog Subdivre Cianjur, beras cadangan khusus disiapkan untuk disalurkan setelah penanganan bencana yang terjadi di Cianjur, tuntas dilakukan.

"Sampai saat ini, masih tersedia stok CBP sebanyak 34 ton yang disimpan di gudang Bulog Cianjur. Stok tersebut, akan digunakan ketika dibutuhkan setelah penanganan bencana, dimana beras tersebut akan diberikan untuk korban bencana alam," katanya.

Sedangkan untuk wilayah terdampak bencana alam yang terjadi sejak satu pekan terakhir, pihaknya masih menunggu data pasti dari BPBD Cianjur, pemerintah kecamatan dan pemerintah desa."Kita akan segera menyiapkan bantuan CBP untuk wilayah yang terkena bencana di 20 titik di delapan kecamatan di Cianjur," katanya.

Terkait stok CBP di Cianjur seharusnya disesuaikan dengan jumlah penduduk yang mencapai 2,2 juta jiwa, dimana stok ideal sebanyak 755 ton, namun saat ini hanya tersedia 50 ton.

Namun tahun depan pihaknya akan mengajukan CBP ke pemerintah pusat sebanyak 100 ton.

"Idealnya di angka 755 ton karena jumlah penduduk yang tinggi, ditambah sebagian besar wilayah Cianjur, masuk dalam zona merah bencana mulai dari wilayah bagian utara hingga selatan. Kami coba tahun depan mengajukan penambahan CBP menjadi 100 ton ke pemerintah pusat karena selama ini, kebutuhan cukup tinggi terutama saat bencana alam melanda," katanya.

Sementara selama satu pekan terakhir, delapan kecamatan di Cianjur, dilanda bencana alam seperti banjir, longsor dan pergerakan tanah. Sebagian besar warga membutuhkan bantuan dari pemeritah mulai dari pangan hingga sandang karena ratusan kepala keluarga terpaksa mengungsi untuk menghindari jatuhnya korban jiwa.

Baca juga: Cianjur kejar target dengan gelar vaksinasi massal tingkat RT

Baca juga: Spektrum - Memberantas kemiskinan ekstrem di Cianjur
 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021