Pemerintah Kota Cirebon, Jawa Barat, membagikan 1.000 paket sembako kepada warga yang terdampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), sebagai salah satu rangkaian perayaan hari jadi ke-652 Cirebon dan HUT ke-76 RI.

"Kegiatan yang bersifat pesta dan suka ria kami tiadakan. Kami saat ini lebih banyak konsentrasi untuk memberi kepada masyarakat," kata Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis di Cirebon, Minggu.

Azis mengatakan peringatan hari jadi ke-652 Cirebon dan HUT ke-76 RI di masa pandemi COVID-19 diorientasikan untuk memberikan bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat.

Menurutnya Pemkot Cirebon bersama dengan instansi terkait lainnya akan terus berupaya membantu masyarakat yang terdampak COVID-19. Bahkan, bantuan tersebut tidak hanya dari pemkot, namun juga instansi pemerintah lainnya, perbankan dan pemangku kepentingan terkait.

Azis berharap, momentum jari jadi ke-652 Cirebon dan HUT ke-76 RI dapat memotivasi semangat rela berkorban di kalangan masyarakat, terutama karena hingga kini pandemi COVID-19 belum berakhir.

Ia menambahkan 1.000 paket sembako itu terdiri dari beras 5 kilogram, mi instan 4 bungkus, susu satu kaleng dan minyak goreng satu liter.

Nantinya paket tersebut, kata Azis, akan dikirimkan langsung ke rumah warga penerima yang berada di lima kecamatan.

Azis juga memberikan pesan khusus kepada camat yang ada di Kota Cirebon bahwa di masa pandemi COVID-19 agar para camat dapat merangkul semua kekuatan yang ada di tingkat kecamatan untuk bersama-sama melawan COVID-19.

"Minimal mengajak semua masyarakat menjalankan protokol kesehatan 3M dengan ketat," katanya.

Selain itu, para camat juga diminta untuk dapat menggugah kesadaran masyarakat akan pentingnya vaksin COVID-19. Sehingga mereka bersedia untuk divaksin dan segera terbentuk kekebalan kelompok di masyarakat Kota Cirebon.

Baca juga: Polresta Cirebon distribusikan 50 ton beras untuk warga terdampak pandemi

Baca juga: Kota Cirebon tata pemukiman kumuh di Panjunan guna tarik wisatawan
 

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021