Polres Cianjur, Jawa Barat, menyiagakan 16 pos pengaman di sepanjang jalur mudik yang akan dilintasi mulai dari Kawasan Puncak Pass hingga perbatasan Cianjur-Bandung Barat, tepatnya di "rest area" Citarum.

Sebelumnya Kapolres Cianjur, AKBP Soliyah memimpin langsung apel gelar pasukan di Halaman Mapolres Cianjur, Selasa, sekaligus membuka seluruh pos pam untuk melayani pemudik yang akan melintas.

Ia menjelaskan dimasing-masing anggota pos pam akan bertugas hingga satu pekan setelah lebaran. Mereka tidak hanya mengatur arus lalulintas ketika terjadi antrian, namun juga memberikan rasa aman bagi pemudik dan penguna jalan yang melintas.

"Dimasing-masing pos pam ada tempat istirahat juga untuk pemudik atau penguna jalan yang kelelahan, silahkan dimanfaatkan untuk istirahat sebelum melanjutkan perjalanan," katanya.

Sedangkan untuk beberapa pos pam di di Jalan Raya Bandung-Cianjur, ungkap dia, terdapat posko kesehatan yang dapat dimanfaatkan pemudik dan penguna jalan untuk memeriksakan kondisi tubuhnya.

"Disepanjang jalur mudik Cianjur, juga terdapat tempat istirahat yang tersebar dari mulai Puncak hingga perbatasan Bandung Barat. Bagi pemudik dapat mengunakannya sebagai tempat istirahat juga," tuturnya.

Tujuh hari menjelang lebaran, tutur dia, volume kendaraan khususnya dengan ciri khas mudik mulai terlihat melintas di jalur tersebut, meskipun jumlahnya masih dalam tarap normal.

"Untuk puncaknya diperkirakan akan terlihat tiga hari menjelang lebaran, namun sejumlah rekayasa sudah kita persiapkan mencegah terjadi macet total, termasuk mengarahkan pemudik ke jalur alternatif," ujarnya.

Pihaknya juga mengimbau penguna jalan khususnya pemudik tetap mematuhi peraturan lalulintas dan pemudik bersepeda motor tidak membawa anak atau balita serta barang berlebihan.

Baca juga: Pemudik bersepeda motor mulai lintasi jalur Puncak-Cianjur

Baca juga: Ini kondisi jalur alternatif mudik Lebaran di kawasan Puncak-Cipanas


 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019