Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur  segera mengoperasikan bus bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat, guna meningkatkan angka kunjungan wisatawan ke wilayah tersebut.

"Kami baru menerima satu unit bus bantuan dari dari Pemprov Jawa Barat. Bantuan dari pemrov untuk meningkatkan tingkat kunjungan wisata di Cianjur," kata Plt Bupati Herman Suherman, di Cianjur, Jawa Barat (Jabar), Senin.

Saat ini bus tersebut belum dioperasikan karena masih menunggu tambahan bus lainnya yang akan ditempatkan di beberapa tempat objek wisata yang ada di Cianjur.

"Nantinya bus tersebut akan melayani perjalanan ke sejumlah tempat wisata seperti berkeliling di pusat kota Cianjur, Situs Megalith Gunung Padang, Taman bunga, dan sejumlah tempat wisata lainnya. Untuk haltenya nanti di alun-alun," katanya.

Dia menilai satu unit bus belum cukup karena Cianjur memiliki banyak tempat wisata beragam, sehingga perlu penambahan armada bantuan  Pemprov Jabar.

"Kami berharap bus tambahan dari Pemprov Jabar dapat segera terealisasi karena Pemkab Cianjur belum mampu untuk mengadakan bus khusus pariwisata. Saat ini masih banyak pembangunan yang lebih diutamakan dari APBD," katanya.

Sementara itu hingga saat ini bus sekolah yang sudah hampir dua tahun terparkir di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdik) Cianjur, belum juga difungsikan dan masih berplat putih.

Herman mengatakan belum mendapat laporan terkait bus sekolah yang seharusnya digunakan sebagai bantuan kelas jauh serta meningkatkan minat sekolah warga di sejumlah pusat keramaian itu.

"Saya belum mendapat laporan kenapa bus tersebut belum difungsikan. Saya akan cek langsung ke lapangan," katanya.



Baca juga: Pemkab targetkan promosi besar-besaran tempat wisata Cianjur


Baca juga: Cianjur targetkan Rp6 miliar dari sektor wisata

 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019