Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat meminta pemprov setempat dapat mendorong potensi pengembangan desa-desa berbasis pertanian seperti di Desa Cijeruk, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang.

"Beberapa waktu lalu saya melakukan dialog di Desa Cijeruk, Sumedang dan salah satu aspirasinya masyarakat di sana ialah ingin mengembangkan potensi yang dimiliki salah satunya potensi pariwisata berbasis pertanian. Ini harus diperhatikan oleh pemda," kata Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari di Bandung, Selasa.

Ineu menuturkan masyarakat di Desa Cijeruk, Kabupaten Sumedang juga berharap Pemerintah Provinsi Jawa Barat dapat memberikan motivasi bantuan terkait pengembangan potensi wisata.

"Sektor pertanian, perkebunan, hingga sampai pengembangan Bumdes merupakan potensi di Desa Cijeruk perlu dikembangkan," kata Ineu.

Politisi perempuan dari Fraksi PDIP DPRD Jawa Barat ini optimistis pengembangan sektor pariwisata yang tengah dilakukan oleh masyarakat Desa Cijeruk dapat mendongkrak perekonomian masyarakat.

"Jadi sejumlah potensi wisata berbasis pertanian,hal ini dapat mendongkrak perekonomian masayarakat Desa Cijeruk," ujarnya.

Oleh karena itu, pihaknya berharap hal tersebut dapat menjadi suntikan motivasi agar kondisi Desa Cijeruk menjadi perhatian pemerintah.

"Saya berharap potensi wisata yang akan dikembangkan, dan akses yang dimiliki dapat terkoneksi dengan baik. Sehingga menambah daya tarik wisatawan untuk datang ke Cijeruk," kata dia.

Menurut dia, Pemerintah Provinsi Jawa Barat saat ini tengah melakukan pembanguann daerah-daerah wisata, melalui desa-desa yang mandiri yang berkembang dan mampu bersaing.

Untuk itu, kata dia, DPRD Jawa Barat kedepannya akan segera melakukan kordinasi dengan pihak terkait untuk menyelaraskan program pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan kabupaten/kota.

"Kami akan berkordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Sumedang, karena RTRW di Kabupaten Sumedang dan RTR di wilayah Cijeruk ini harus selaras dengan provinsi," kata dia.


Baca juga: Bantuan kewirausahaan cegah warga terjerat rentenir, kata anggota DPRD Jabar

Baca juga: DPRD minta sarana penunjang ke Bandara Kertajati diperhatikan

 

Pewarta: ASJ

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019