Bandung (Antaranews Jabar) - Pemerintah Kota Bandung, mendesak PT Ginanjar, selaku pengelola Pasar Gedebage, segera merevitalisasi ruko yang terbakar.

"Saya ingin tahu persis bagaimana cara PT Ginanjar menyelesaikan masalah ini. Karena mereka telah menjualnya ke para pedagang, dan saya harapkan jangan sampai menzalimi pedagang," ujar Wakil Wali Kota Bandung, Oded M Danial saat meninjau lokasi kebakaran di Pasar Gedebage, Selasa.

Oded mengatakan, dalam waktu dekat akan memanggil pengelola pasar untuk berkoordinasi dan memastikan kapan revitalisasi akan dimulai.

Ia juga menginginkan, agar para pedagang yang menjadi korban kebakaran dapat kembali berjualan demi menghidupi keluarganya.

"Insya Allah saya akan panggil mereka. Saya belum bisa menentukan deadline (revitalisasi pasar). Terpenting saya menginginkan para pedagang pulih kembali," katanya.

Untuk sementara, Pemkot Bandung bersama PD Pasar Bermartabat menyiapkan tempat bagi para pedagang terdampak kebakaran.

"PD Pasar pun sudah menyediakan lahan untuk pedagang di los eceran," katanya.

Agar kasus serupa tidak terulang kembali, Oded mengimbau agar masyarakat lebih berhati-hati untuk masalah instalasi listrik. Karena hal itu sering menjadi pemicu terjadinya kebakaran.

"Imbauan saya bukan hanya lingkungan pasar, tapi seperti di pemukiman juga harus lebih memperhatikan ?instalasi listrik," ujar Oded.

Sementara itu, para pedagang terdampak kebakaran berharap bisa segera berniaga seperti sedia kala. Oleh karenanya berharap pasar segera dibangun kembali.

"Saya ingin dibangun lagi. Jangan pindah dari sini. Apapun caranya saya ingin tetap di sini lagi. Soalnya pelanggan sudah tahu di sini," ujar Ade Nasito, salah satu pedagang di Pasar Gedebage. 

Pewarta: Asep Firmansyah

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018