Cirebon  (Antaranews Jabar) - Tempat wisata sejarah Gua Sunyaragi Kota Cirebon, Jawa Barat, menambah wahana baru untuk memikat daya tarik agar para pengunjung tidak bosan.

"Penambahan wahana permainan agar lebih menarik sehingga tidak membosankan," kata Sultan Keraton Kasepuhan, Sultan Sepuh XIV Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat di Cirebon, Sabtu. Wahana baru itu adalah balon terbang, ayunan terbang, sepeda terbang, dan panahan.

Sultan mengatakan adanya penambahan wahan ini agar  wisatawan tidak bosan ketika setiap berkunjung hanya menemukan objek wisata yang itu-itu saja.

"Goa Sunyaragi memang itulah adanya benda yang usianya lebih dari 400 tahun dan tentunya kalau begitu-begitu saja tanpa ada yang menarik dikhawatirkan tidak mau ada yang datang lagi," tuturnya.

Menurut Sultan,  untuk itu memang sangat diperlukan kreativitas agar  membuat orang betah dan ingin kembali ke Kota Cirebon.

Dia mengatakan,  pariwisata di Kota Cirebon harus dikembangkan dan dikolaborasikan antara wisata sejarah, budaya, serta ziarah,  wisata permainan, wisata olahraga, pendidikan, dan wisata lainnya. "Termasuk dengan kuliner, kerajinan, dan kesenian," ujarnya.

Tiket masuk wahana ke Gua Sunyaragi tidak sampai satu dolar AS. Tiket masuk dibandrol Rp10 ribu, tiket per wahana masing-masing hanya Rp10 sampai dengan Rp20 ribu. 

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018