Antarajabar.com - PT Cirebon Power menggelar pemeriksaan dan pengobatan gratis bagi ratusan warga Desa Waruduwur Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, dimana tercatat ada sekitar 400 warga yang berkonsultasi dan mendapat pengobatan dari tim medis.
       
"Kegiatan ini yang kedua kalinya dilakukan, dimana sebelumnya kegiatan serupa sudah dilakukan di Desa Kanci Kulon dan Dusun 2 Desa Waruduwur," kata Head of CSR Cirebon Power, Hafid Saptandito di Cirebon, Rabu.
       
Hafid menuturkan infeksi saluran pernafasan dan nyeri pada persendian adalah penyakit yang paling banyak dikeluhkan warga yang didominasi kaum lansia dan anak-anak.
      
Tim Medis dari Puskesmas Mundu memperkirakan, gangguan-gangguan kesehatan itu muncul akibat efek perubahan cuaca dan juga faktor usia lanjut.
       
"Setiap kali kita menggelar kegiatan ini, respon dan tanggapan warga sangat positif, karena selain diperiksa kami juga memberi obat-obatan ringan secara cuma-cuma," ujarnya.
       
Dia juga menuturkan bahwa selain pengobatan dan pemeriksaan gratis, Cirebon Power juga setiap bulan rutin melakukan penyuluhan kesehatan dan pemberian makan bergizi tambahan bagi balita di Posyandu desa-desa sekitar pembangkit listrik itu.
       
Salah satu warga, Maesaroh mengaku senang dan terbantu dengan adanya pengobatan gratis ini, selain karena tidak mengeluarkan biaya, tempat pelaksanaannya juga tidak jauh dari rumahnya.
       
"Tadi saya sama anak periksa batuk dan pilek, harapannya, kegiatan ini tetap terus dilanjutkan dan kalau bisa, dilaksanakan tiga bulan sekali," katanya.
       
Sementara itu Kepala Desa Waruduwur, Dudi Suhaedi mengucapkan terima kasih kepada Cirebon Power yang sudah memberikan perhatian dan melaksanakan kegiatan pengobatan gratis di desanya.
       
"Semoga pengobatan gartis ini, bisa kembali dilanjutkan," ucapnya.

Pewarta: khaerul Izan

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017