Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menerima sejumlah logistik untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Cianjur 2024 seperti kotak dan bilik suara serta tinta sejumlah logistik lainnya yang sudah tersimpan di gudang KPU Cianjur.

Ketua KPU Cianjur, Muchamad Ridwan di Cianjur Selasa, mengatakan logistik untuk pelaksanaan pilkada sudah diterima sejak pekan kedua bulan September hingga pekan pertama Oktober ditargetkan termasuk surat suara sudah masuk ke gudang KPU di akhir bulan Oktober.

"Logistik Pilkada yang sudah diterima KPU Cianjur, diantaranya bilik suara sekitar 12 ribu buah, kabel ties atau segel plastik, tinta, segel dan kotak suara sekitar 5 ribu buah, pekan ini masih menunggu pengiriman logistik lainnya yang ada di dalam kotak suara," katanya.

Dia menjelaskan untuk pengamanan gudang logistik di Jalan Raya Bandung-Cianjur tepatnya di Kecamatan Karangtengah, melibatkan unsur internal KPU Cianjur dan anggota TNI/Polri, sedangkan untuk pengamanan lainnya di pasang CCTV atau kamera pengawas di sejumlah titik.

"Untuk pendistribusian kami baru berencana untuk melakukan rapat koordinasi dengan berbagai pihak terkait khususnya aparat TNI/Polri dan Bawaslu Cianjur," katanya.

Sedangkan terkait pendistribusian, tutur dia, pihaknya menargetkan satu pekan menjelang Pilkada sudah sampai ke titik pendistribusian tingkat PPK di masing-masing kecamatan dengan prioritas wilayah ter-ujung mulai dari utara hingga selatan.

"Kami akan melibatkan pihak ketiga dalam pendistribusian sehingga tepat waktu di bawah pengawalan ketat aparat keamanan TNI/Polri serta dititik akhir akan diawasi langsung bawaslu dan panwaslu kecamatan," katanya.
Sedangkan terkait pelipatan dan penyortiran surat suara akan dilakukan setelah logistik masuk ke gudang KPU Cianjur melibatkan warga sekitar dan perwakilan dari sejumlah kecamatan terdekat.

"Nanti jumlah petugas lipat dan sortir akan disesuaikan dengan jumlah kertas suara yang masuk kemungkinan jumlahnya lebih dari 500 orang," kata Ridwan.
 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024