Kepolisian Resor Garut menurunkan 114 personel untuk siaga khusus pengamanan selama waktu pendaftaran calon bupati dan wakil bupati pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Garut, Jawa Barat, mulai 27 sampai 29 Agustus 2024.

"Untuk pengamanan pendaftaran calon di Kantor KPU Garut ini ada 114 personel," kata Kepala Satuan Samapta Polres Garut AKP Masrokan di sela-sela pengamanan pelaksanaan pendaftaran calon Bupati/Wakil Bupati Garut di Kantor KPU Kabupaten Garut, Selasa.

Ia menuturkan kepolisian sudah siap melakukan pengamanan secara terbuka yakni menggunakan seragam lengkap, dan pengamanan tertutup dengan pakaian sipil yang disebar di sekitar tempat diselenggarakannya pendaftaran di Kantor KPU Garut.

Selain personel polisi, kata dia, ada juga bantuan personel dari instansi pemerintah daerah seperti Satpol PP, dan ada dari TNI sebanyak 20 personel yang siap siaga membantu pengamanan selama pendaftaran calon.

"Selain polisi 114 personel, ada juga TNI 20 personel, semuanya siaga 24 jam di Kantor KPU Garut selama pendaftaran ini," katanya.

Ia menyampaikan personel yang disiagakan itu untuk menjaga keamanan dan ketertiban umum selama tahapan pelaksanaan pendaftaran calon peserta Pilkada Garut.

Ia berharap semua tim pendukung bakal calon yang datang ke Kantor KPU Garut untuk selalu menjaga ketertiban dan mematuhi aturan yang berlaku selama pelaksanaan pendaftaran.

"Tentunya kami imbau kepada pendukung untuk selalu jaga keamanan dan ketertiban umum," katanya.
Selain itu, Polres Garut juga menerjunkan personel dari Seksi Dokter Kesehatan Polres Garut yang bertugas untuk memeriksa kondisi kesehatan personel sebelum melaksanakan tugas pengamanan pilkada.

Kepala Seksi Dokkes Polres Garut Penata TK I Aceng Ridwan mengatakan, pemeriksaan kesehatan itu meliputi pengecekan tekanan darah, konsultasi dan edukasi kesehatan, serta pemberian vitamin kepada personel.

"Ini (pemeriksaan kesehatan) merupakan bagian dari upaya Polres Garut dalam memastikan kesiapan kesehatan personel yang bertugas dalam Operasi Mantap Praja 2024," katanya.

Sementara itu, KPU Garut sudah mulai membuka pendaftaran calon bupati dan wakil bupati pada Pilkada Garut mulai 27 sampai 29 Agustus 2024.

 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024