Ketua Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat, Rahmat Hidayat Djati, berharap Jabar menjadi provinsi termaju dan terkemuka dalam hal ketahanan pangan di Indonesia dalam momentum Hari Jadi ke-79 itu.

"Semoga ketahanan pangan di Jawa Barat semakin meningkat agar bisa mencukupi kebutuhan Provinsi Jawa Barat itu sendiri yang berpengaruh kepada kekuatan pangan nasional kita,” kata Rahmat Hidayat Djati dalam keterangan di Bandung, Kamis.

Baca juga: Wamentan sebut optimasi pompanisasi pertanian di Jabar berjalan baik

Namun demikian, kata Rahmat, ada tantangan yang perlu mendapatkan perhatian penuh dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, yakni alih fungsi lahan pertanian di Jawa Barat.

Menurut Rahmat, perhatian penuh perlu diberikan pada lahan pertanian yang beralih fungsi menjadi kawasan perumahan dan industri seiring dengan pertumbuhan penduduk, karena hal itu bisa berdampak pada berbagai sektor.

Oleh sebab itu, Pemprov Jabar harus mengambil langkah strategis dengan menginisiasi program Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan yang bertujuan untuk melindungi lahan pertanian.
"Seiring dengan pertambahan penduduk di Jawa Barat, kami juga menjalankan program Lahan Pangan Berkelanjutan untuk mencegah kekurangan ketersediaan beras sebagai salah satu komponen ketahanan pangan," katanya.

Melalui upaya tersebut, Rahmat Hidayat Djati optimistis bahwa pada Hari Jadi ke-79, Provinsi Jabar ini akan mampu mengukir prestasi baru yang membanggakan, bukan hanya maju secara ekonomi, tapi juga kuat dalam menjaga ketahanan pangan.

"Serta menjadi model pembangunan berkelanjutan yang dapat dicontoh oleh daerah lain," tuturnya.

Baca juga: Pj gubernur menilai Jabar sangat mampu swasembada pangan

Pewarta: Ricky Prayoga

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024