Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menyiapkan anggaran puluhan miliar rupiah untuk memperbaiki rumah tidak layak huni di wilayahnya.

"Pada tahun ini kami menargetkan memperbaiki 1.904 unit rumah tidak layak huni," kata Ketua Tim Perumahan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Karawang, Aip Aulia Setiaharja, di Karawang, Sabtu.

Rata-rata di setiap desa sekitar Karawang ada empat hingga enam unit rumah tidak layak huni yang diperbaiki. Selain itu, ada pula yang mencapai sepuluh unit.

Hingga Juli ini, kata dia, pihaknya sudah memperbaiki 1.600 unit rumah tidak layak huni yang tersebar di sejumlah daerah sekitar Karawang.

Disebutkan bahwa Pemkab Karawang melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman telah mengalokasikan anggaran sekitar Rp89,2 miliar untuk mendukung program perbaikan rumah tidak layak huni.

Setiap pembangunan atau perbaikan satu rumah tidak layak huni dianggarkan sekitar Rp46 juta.

Pada tahun 2023 perbaikan atau pembangunan rumah tidak layak huni per satu unitnya hanya mencapai Rp41 juta. Pada tahun lalu Pemkab Karawang memperbaiki 1.887 rumah tidak layak huni.


 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024