Pemerintah Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, menyebutkan jamaah haji asal daerahnya yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 6 dan 13 sudah pulang ke tanah air dengan kondisi selamat.

“Kepulangan jamaah haji asal Kuningan ini terjadi di waktu berbeda yakni untuk Kloter 6 pada Selasa (25/6) dan Kloter 13 pada Jumat (5/7) kemarin,” kata Penjabat (Pj) Bupati Kuningan Iip Hidajat di Kuningan, Sabtu.

Ia menjelaskan, dua rombongan haji tersebut, sebelumnya melakukan perjalanan udara menggunakan pesawat khusus milik maskapai Saudi Arabia Airlines yang mendarat di Bandara Kertajati.

Setibanya di bandara itu, kata dia, jamaah haji langsung dijemput menggunakan beberapa armada bus. Kemudian dipulangkan ke rumahnya masing-masing yang berada di Kabupaten Kuningan.

Iip mengatakan, sejauh ini sudah ada sekitar 863 haji, yang telah menunaikan ibadah haji dan bisa kembali ke Kuningan dalam keadaan sehat.

“Sebenarnya khusus Kloter 6 dari Kabupaten Kuningan ini berjumlah 432 orang. Namun sebelum pemberangkatan haji pada 16 Mei 2024, ternyata ada satu orang yang meninggal dunia,” ujarnya.

Menurutnya, jamaah haji dari dua kloter tersebut berhasil menyelesaikan seluruh rangkaian ibadah haji dengan baik, karena mereka sudah mempersiapkan banyak hal untuk kegiatan tersebut.
Ia juga menuturkan setiap haji asal Kuningan pun, selalu mendapatkan asupan makanan yang cukup selama menunaikan ibadah di Makkah, Arab Saudi.

Selain itu, Iip mengatakan para petugas haji sudah melakukan tugasnya untuk mendampingi setiap kloter, sehingga semuanya dapat kembali ke Kabupaten Kuningan tanpa kurang suatu apapun.

"Kami mengucapkan selamat datang kembali di Kabupaten Kuningan. Semoga kalian bisa membagi berkah, menjadi haji yang mabrur,” katanya.

Ia menambahkan untuk kepulangan rombongan terakhir jamaah haji asal Kuningan yang tergabung dalam kloter 30, dijadwalkan tiba di Tanah Air pada Senin (22/7).

Iip meminta setiap haji asal Kuningan harus bisa menjaga kesehatan, karena biasanya pihak keluarga akan menyambut kepulangan mereka.

“Jangan lupa beristirahat setelah perjalanan jauh dan tetap jaga kondisi kesehatan,” ucap dia.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemkab: Dua kloter haji asal Kuningan sudah pulang ke tanah air

Pewarta: Fathnur Rohman

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024