Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Jawa Barat untuk melakukan terobosan dan inovasi untuk percepatan pembangunan di Jabar.

Hal tersebut ditegaskan oleh Bey saat  penandatanganan komitmen bernama Shadow Target, bersama Sekda Jabar Herman Suryatman dan seluruh kepala perangkat daerah di lingkungan Pemprov Jabar di Tahura Ir H Djuanda, Kamis.

Baca juga: Pj Gubernur Jabar: Aplikasi Sapawarga jadi indikator penilaian OPD layani publik

Ia menjelaskan, percepatan pembangunan itu adalah yang melahirkan berbagai inovasi demi kesejahteraan masyarakat.

"Tujuan penandatanganan pada akhirnya agar OPD tidak melulu bekerja secara normatif, tapi mencari terobosan dan inovasi yang harus terus dilakukan. Kalau hanya bekerja rutinitas, ya, hasilnya juga seperti itu," kata Bey.

Penandatanganan tersebut dilakukan bersamaan dengan rapat pimpinan (rapim) mingguan yang dilakukan secara berkala oleh Pemprov Jabar, yang dalam suasana baru, digelar di alam terbuka karena berbarengan dengan Hari Lingkungan Hidup.

Pada rapim tersebut, Bey menuturkan bahwa ada target-target khusus yang akan diberikan kepada setiap perangkat daerah agar melakukan akselerasi dalam berbagai hal.

"Saya dan Pak Sekda melihat bahwa target-target OPD masih sangat normatif. Kami ingin ada terobosan dan inovasi supaya Jabar menjadi lebih baik. Jadi targetnya kami tingkatkan, ada yang dua kali, juga di atas dari target yang ditetapkan sebelumnya," katanya.

Ia mencontohkan, target yang akan ditempuh oleh perangkat daerah, salah satunya tentang peningkatan wisatawan mancanegara ke wilayah Jabar.

"Seperti jumlah target wisata mancanegara itu meningkat, dari yang ditetapkan normatifnya berapa jadi lebih tinggi lagi," ujar Bey.
Sementara itu, Sekda Jabar Herman Suryatman berharap dengan adanya penandatanganan komitmen tersebut, dapat memicu para kepala perangkat daerah bekerja lebih kreatif lagi.

"Mudah-mudahan setelah ditandatangani Komitmen Shadow Target dapat melahirkan inovasi yang harus di-create," ucap Herman.

Ia juga meminta kepala perangkat daerah untuk berfokus pada penanganan tengkes (stunting), angka pengangguran, penurunan kemiskinan, ketahanan pangan, dan inflasi di wilayah Jabar terkendali lebih baik.

"Saya berharap seluruh kepala perangkat daerah dapat membantu menurunkan stunting, kemiskinan, pengangguran, ketahanan pangan, dan inflasi," kata  Herman menambahkan.

Baca juga: Penjabat gubernur kunjungi berbagai OPD di Jabar pastikan program berjalan

Pewarta: Ricky Prayoga

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024