Sejumlah personel Satuan Lalu Lintas Polres Garut bersama Dinas Perhubungan Kabupaten Garut, Jawa Barat mengecek kelayakan kendaraan angkutan umum di Terminal Guntur, Garut, Selasa, untuk mencegah terjadinya kecelakaan di jalan yang disebabkan kendaraan tidak layak beroperasi.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Garut Iptu Aang Andi Suhandi mengatakan, pengecekan kendaraan angkutan umum merupakan rutinitas yang setiap saat dilakukan, apalagi saat ini momentum Ramadhan dan menjelang Hari Raya Lebaran.

Baca juga: Dishub cek perizinan angkutan umum yang beroperasi di jalanan di Garut

"Pengecekan ini sebagai langkah antisipasi untuk memastikan semuanya layak beroperasi," katanya.

Ia menuturkan sejumlah personel gabungan itu mengecek setiap kendaraan yang masuk maupun hendak berangkat membawa penumpang di Terminal Guntur, Garut.

Petugas memeriksa transportasi umum itu meliputi kondisi rem, ban, kemudi, termasuk kelengkapan surat-surat kendaraannya semua diperiksa.

Hasil pemeriksaan itu, disimpulkan seluruh kendaraan dalam kondisi layak beroperasi, sehingga diperbolehkan untuk melakukan perjalanan membawa penumpang.

"Kendaraan yang membawa penumpang harus dalam kondisi layak jalan," katanya.

Ia berharap upaya petugas memeriksa kelayakan kendaraan itu bisa menghindari atau mengurangi risiko kecelakaan angkutan umum di jalan.
Selain itu, lanjut dia, pemeriksaan itu memberikan rasa nyaman dan tenang bagi penumpang dalam menggunakan jasa transportasi umum di wilayah Garut.

"Pemeriksaan kendaraan dilakukan demi memastikan dan memberikan rasa aman serta nyaman kepada masyarakat," katanya.

Kepolisian dalam mencegah kecelakaan lalu lintas tidak hanya melakukan pemeriksaan kondisi kelayakan angkutan umum saja, tapi ada langkah lain yakni mengedukasi masyarakat agar tertib berlalu lintas.

Selama ini, kata Aang, jajaran Satuan Lalu Lintas Polres Garut juga sudah melakukan Operasi Keselamatan Lodaya selama 14 hari sejak 4 Maret 2024 yang tujuannya mengedukasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat terkait pentingnya keselamatan dalam berkendara.

Baca juga: Polda Jabar cek kelayakan KTL di jalur nasional Garut


 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024