Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon, Jawa Barat, mendistribusikan sebanyak 10 ton beras berkualitas dan sejumlah komoditas lainnya dalam program Gerakan Pangan Murah (GPM) yang diselenggarakan untuk stabilisasi harga serta menjaga laju inflasi pada Januari 2024.
 
Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Cirebon Elmi Masruroh di Cirebon, Selasa, mengatakan beras yang disalurkan untuk program GPM itu dijual Rp52.000 per kemasan 5 kg yang bisa dibeli masyarakat.

Baca juga: Pemkot Cirebon gelar operasi pasar menetap
 
Menurut dia, harga beras yang dipatok jauh di bawah nilai pasaran saat ini yaitu sekitar Rp12.500 per kg untuk jenis medium dan beras premium seharga Rp14.000 per kg.
 
"Kalau dihitung untuk per kg, harga beras yang dijual pada GPM perdana di tahun ini Rp10.400 per kg atau cukup rendah juga dari harga eceran tertinggi (HET) sebesar Rp10.900 per kg," ujarnya.
 
Ia menyebutkan dalam GPM kali ini, sejumlah komoditas seperti cabai merah, bawang merah, bawang putih, telur dan daging ayam dijual di bawah harga pasar.
 
Dengan harga terjangkau, kata dia, dalam hitungan beberapa jam bahan pangan itu habis terjual karena banyak masyarakat di Kota Cirebon yang terbantu berkat program GPM tersebut.
 
Melihat respons positif itu, DKPPP Kota Cirebon akan menggelar program GPM setiap bulan guna membantu masyarakat memperoleh bahan pangan berkualitas dengan harga murah sekaligus untuk menekan adanya inflasi.
 
"Rencananya ke depannya kami akan menggelar setiap bulan itu minimal. Bisa lebih dari itu," ujarnya.
 
Selain GPM, tutur dia, Pemkot Cirebon juga segera menyalurkan bantuan pangan dari cadangan beras pemerintah yang didistribusikan kepada 38.000 lebih Keluarga Penemrima Manfaat (KPM) di kotanya.
 
Dalam penyaluran itu, masing-masing KPM akan mendapatkan beras dengan kualitas terbaik sebanyak 10 kg.
 
Elmi menyatakan bahwa semua langkah yang diterapkan Pemkot Cirebon diharapkan bisa menjaga harga komoditas pangan di pasaran tetap terjangka sesuai dengan daya beli masyarakat.
 
"Kami juga membantu kegiatan dari Badan Pangan Nasional berupa pembagian beras untuk 38 ribu lebih KPM. Itu juga dalam rangka masyarakat tidak perlu membeli beras ke pasar," ucap dia.

Baca juga: Pemkot Cirebon gelar pasar keliling untuk kendalikan inflasi

Pewarta: Fathnur Rohman

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024