Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon, Jawa Barat, mengadakan pasar keliling yang menjual berbagai komoditas pangan dengan harga terjangkau sebagai salah satu cara mengendalikan laju inflasi di daerah itu.
 
“Kami bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Cirebon berkolaborasi mengadakan pasar murah keliling kendalikan rentetan harga komoditi,” kata Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian (DKUKMPP) Kota Cirebon Iing Daiman di Cirebon, Selasa.

Baca juga: Kota Cirebon terus operasi pasar guna kendalikan inflasi
 
Iing mengatakan dalam kegiatan itu, pihaknya menyediakan beberapa komoditas yang bisa dibeli oleh warga di Kota Cirebon dengan harga terjangkau mulai dari Rp4000 per kemasan.
 
Adapun untuk pelaksanaan perdana ini, bahan pangan yang dijajakan terdiri dari buncis Rp4.000 per kemasan, cabai campuran Rp8.000 per kemasan, wortel Rp3.000 per kemasan, paha ayam Rp20.000 per paket, dada ayam Rp12.000 per paket, sayap ayam Rp15.000 per paket, dan masih banyak lagi.
 
“Yang dijual biasanya komoditi-komoditi tematik, misalnya ketika harga beras tinggi yang disasar adalah beras terjangkau. Tapi komoditi lain tetap dijual,” jelas Iing.
 
Menurut dia sejumlah bahan pangan itu harganya sedang mengalami kenaikan cukup signifikan di pasaran. Oleh karenanya demi menstabilkan harga pihaknya melaksanakan kegiatan pasar keliling tersebut.
 
Pada prinsipnya, program ini masih sama dengan operasi pasar murah untuk intervensi harga komoditas yang rutin dilakukan Pemkot Cirebon.
 
Bedanya, barang-barang pangan tersebut dijual ke warga dengan menjangkau langsung beberapa tempat strategis di Kota Cirebon.

“Program ini bagian dalam upaya pengendalian inflasi dengan mengadakan pasar murah keliling. Biasanya siaga di satu titik. Tapi ini keliling ke beberapa tempat. Kami menggunakan mobil promosi keliling milik kami. Ini kegiatan perdana, jadi program ini dilakukan secara terjadwal,” tuturnya.
 
Sebelumnya, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Cirebon Aris Budiyanto menjelaskan beberapa harga berbagai komoditas menunjukkan adanya kenaikan pada data inflasi daerah per Oktober 2023.

Baca juga: Kota Cirebon gencarkan operasi pasar murah kendalikan inflasi
 
BPS mencatat Kota Cirebon pada Oktober 2023 mengalami inflasi sebesar 0,04 persen secara bulanan dan inflasi secara tahunan sebesar 3,20 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 113,36.
 
“Hasil pemantauan BPS pada Oktober 2023 terjadi inflasi sebesar 0,04 persen, atau terjadi kenaikan IHK dari 113,32 pada September 2023 menjadi 113,36 pada Oktober 2023," ucap dia.

Pewarta: Fathnur Rohman

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023