Antarajawabarat.com, 16/6 - Komisi D DPRD Jabar menilai kondisi drainase di beberapa kota/kabupaten di Jabar buruk sehingga seringkali menimbulkan banjir saat turun hujan yang berakibat mempercepat kerusakan jalan di kawasan yang dilanda banjir.

"Buruknya kondisi drainase jalan menjadi salah satu penyebab kerusakan infrastruktur jalan," kata Anggota Komisi D DPRD Jabar Ali Hasan kepada wartawan di Bandung, Senin.

Ia menuturkan buruknya drainase itu sering dikeluhkan masyarakat seperti yang terjadi di kawasan Bandung dan Kota Cimahi.

Menurut dia drainase tidak mengalir lancar menyebabkan air meluap menggenangi jalan ketika turun hujan dengan intensitas tinggi.

"Terutama di kawasan perkotaan sangat memprihatinkan drainasenya, saya banyak menerima keluhan masyarakat di Cimahi dan Bandung," katanya.

Ia mengingatkan kepada instansi terkait tingkat provinsi dan kota/kabupaten untuk secepatnya memperbaiki atau memperlebar drainase yang kondisinya buruk.

Ia menyarankan perbaikan drainase air seharusnya didahulukan, sebelum instansi lain memperbaiki jalan agar kondisi jalan lebih lama usianya atau tidak cepat rusak.

"Jangan sampai jalan diperbaiki, drainase dibiarkan, nanti banjir, rusak lagi jalan," katanya.

DPRD, lanjut dia sudah meminta Dinas Bina Marga Jabar untuk koordinasi dengan dinas lainnya terkait memperbaiki kondisi drainase.

Perbaikan drainase itu, kata dia harus dilakukan secara menyeluruh dan terintegerasi mulai dari hulu sampai hilir.

"Tidak bisa sepotong-sepotong harus sekaligus dari hilir ke hulu," katanya.***1***

Pewarta:

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2014